Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Variasi Doa Dan Dzikir

VARIASI DOA DAN DZIKIR

Oleh

Dr. Mis’ad  bin Musa’id al-Husaini

Pertaanyaan.

Mengapa sebagian ulama lebih mengutamakan doa  istiftâ yang berbunyi :

سْبحَانَكَ اللُّهُمَّ وَ بَحمْدِكَ وَ تَبَارَكَ اسْمُكَ وَ تَعَالىَ جَدُّكَ وَ لاَ إِلَهَ غَيْرُكَ    

dan doa sujud yang berbunyi :

  سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَ بَحْمِدكَ اللَّهمُ اغْفِرْلِيْ  

dibandingkan dengan doa  yang lain?

Jawaban.

Pertama, karena ‘Umar bin Khaththâb Radhyiallahu anhu  memerintahkan kaum Muslimin di zamannya untuk membaca dua doa tersebut, dan beliau termasuk Khulafa’ Rasyidin yang kita diperintahkan oleh Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengikuti sunnah-sunnah mereka.

Kedua, karena dalam doa tersebut terdapat tasbih kepada  Allâh Azza wa Jalla , pensucian, pengagungan dan tauhid yang merupakan ibadah paling agung. Ditambah lagi dengan doa mohon ampunan pada bagian akhirnya.

Karena alasan di atas,  para Ulama  lebih mengutamakan dua doa tersebut dari yang lain. Akan tetapi,  dalam menjalankan sunnah,  terlebih bagi seorang penuntut ilmu syar’i, hendaknya amalannya bervariasi. Karena dengan demikian, ia akan menghidupkan (lebih banyak) sunnah-sunnah Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , dan lebih (khusyu’) dengan menghayati kandungan doa-doa dalam shalat. Apabila sekarang dia membaca doa ‘A’  , kemudian di lain waktu membaca doa ‘B’ (yang semuanya berasal dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ) , akan membuat doa tersebut membekas ke dalam hati dan tidak sekedar ucapan biasa yang terlintas begitu saja.

(Syaikh DR Mis’ad bin Musa’id al-Husaini adalah dosen Ulumul Qur’an Universitas Islam Madinah KSA)

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 05/Tahun XVI/1433H/2012M. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858196.Kontak Pemasaran 085290093792, 08121533647, 081575792961, Redaksi 08122589079]

 

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!