Shalat Lebih Utama Daripada Membaca Al-Qur-an

SHALAT LEBIH UTAMA DARIPADA MEMBAC AL-QUR’AN

Pertanyaan : Manakah yang lebih utama jika seseorang bangun pada malam hari, dia melakukan shalat atau membaca al-Qur-an?

Jawaban : Shalat lebih utama daripada membaca al-Qur-an pada selain shalat. Pernyataan ini diungkapkan oleh para imam.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اِسْتَقِيْمُوْا وَلَنْ تُحْصُوْا، وَاعْلَمُوْا أَنَّ خَيْرَ أَعْمَالِكُمُ الصَّلاَةَ، وَلاَ يُحَافِظُ عَلَى الْوُضُوْءِ إِلاَّ مُؤْمِنٌ.

“Istiqamahlah kalian dan kalian tidak akan dapat menghitungnya, ketahuilah bahwa sebaik-baik amal perbuatan kalian adalah shalat dan tidaklah orang yang dapat menjaga (kondisi) tetap dalam keadaan berwudhu’ kecuali seorang mukmin.”[1]

Akan tetapi bagi orang yang baru bisa memiliki semangat, perenungan dan memahami al-Qur-an tanpa shalat, maka yang lebih utama baginya adalah sesuatu yang lebih bermanfaat untuknya (yaitu membaca al-Qur-an dengan perenungan dan pemahaman yang tidak dapat dia lakukan ketika shalat,-Pent).

(Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah)

[Disalin dari kitab “Kaanuu Qaliilan minal Laili maa Yahja’uun” karya Muhammad bin Su’ud al-‘Uraifi diberi pengantar oleh Syaikh ‘Abdullah al-Jibrin, Edisi Indonesia Panduan Lengkap Shalat Tahajjud, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir]
__________
Footnote
[1]. HR. Ibnu Majah dalam kitab ath-Thahaarah wa Sunanuha bab al-Muhaafazhah ‘alal Wudhu’ (hadits no. 274) dan Ahmad dalam kitab Musnadnya, (hadits no. 21873)

Baca Juga  Hukum Muadzin Iqamah Saat Sunnah Qabliyah