Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Masjid Dibangun Dua Lantai, Jamaah Wanita Dibawah Bermakmum Mengikuti Pengeras Suara?

MASJID LANTAI DUA, BAGIAN ATAS UNTUK JAMAAH LAKI-LAKI SEDANGKAN DIBAWAH UNTUK JAMAAH WANITA, MEREKA BERMAKMUM MENGIKUTI PENGERAS SUARA, SAHKAH SHALAT MEREKA?

Oleh
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Pertanyaan.
Syaikh Abdul Aziz bin Baz ditanya : Kami memiliki masjid yang dibangun dua lantai, bagian atas untuk jamaah laki-laki sedangkan ruangan bawah dipakai untuk jamaah wanita. Mereka ikut berjamaah bersama kaum laki-laki, hanya saja tempatnya dibawah sedangkan kaum laki-laki di atas. Para wanita tersebut tidak melihat imam, bahkan tidak melihat shaff kaum laki-laki, akan tetapi mereka mendengar takbir melalui pengeras suara, bagaimana hukum shalat dalam keadaan seperti ini?.

Jawaban.
Selagi keadaannya seperti yang disebutkan tersebut maka seluruh jama’ah sah shalatnya. Karena mereka semua berada di dalam masjid dan memungkinkan untuk mengikuti dengan mendengar suara imam melalui pengeras suara, inilah pendapat ulama yang lebih shahih.

Yang terjadi perbedaan pendapat adalah tentang sebagain makmum yang berada di luar masjid padahal tidak bisa melihat imam dan tidak pula melihat makmum (yang berada di dalam masjid,-pent). Wallahu waliyut Taufiq

[Disalin dari kitab Al-Fatawa Juz Awal, edisi Indonesia Fatawa bin Baaz I, Penulis Syaikh Abdul Aziz bin Baaz, Penerjemah Abu Umar Abdillah, Penerbit At-Tibyan Solo]

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!