Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Mengukuhkan Gerakan Islam

MENGUKUHKAN GERAKAN ISLAM

Oleh
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Pertanyaan
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Sebagaimana Syaikh ketahui tentang fenomena menyebarkan gerakan Islam di kalangan kaum muslimin terutama barisan para pemudanya. Bagaimana pandangan Syaikh untuk mengukuhkan pergerakan ini dan kekhawatiran-kekhawatiran apa yang mungkin menimpa pergerakan ini?

Jawaban
Telah disebutkan pada jawaban pertanyaan-pertanyaan serupa, bahwa pergerakan Islam yang muncul di permulaan abad ini dan di akhir abad yang lalu, bahwa pergerakan ini memberikan kabar gembira dan alhamdulillah gerakannya telah meluas ke seluruh penjuru negeri dan terus bertambah dan berkembang.

Tugas kaum muslimin adalah menyokong dan mendukungnya serta saling bekerja sama dengan para aktifisnya. Tidak diragukan lagi bahwa para aktifisnya perlu didukung dan dibantu serta diingatkan dari sikap berlebihan dan kekurangan, karena pada setiap dakwah Islamiyah dan setiap kegiatan Islami, setan akan mengarahkan kepada salah satu sisi; kehampaan atau berlebihan.

Para ahli ilmu hendaknya rnendukung dakwah ini dan mengarahkan para aktifisnya untuk konsisten dan waspada agar tidak terjerumus ke dalam bid’ah dan berlebihan-lebihan, serta mewaspadai kekurangan agar tidak terjerumus ke dalam kehampaan dan mengesampingkan hak Allah. Kemudian dari itu, hendaknya dakwah dan pergerakan mereka bersifat Islami, konsisten pada agama Allah, teguh menempuh jalan yang lurus, yaitu ikhlas karena Allah dan mengikuti tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan tidak berlebih-lebihan dan tidak pula sangat kurang. Dengan begitu akan konsislah pergerakan ini dan melahirkan buahnya dengan baik.

Terutama kepada para pemimpinnya, hendaknya memperhatikan hal ini dan betul-betul memeliharanya agar tidak tergelincir pada sikap berlebihan atau sangat kurang. Wallahu waliyut taufiq.

(Majmu’ Fatawa wa Maqalat Mutanawwi’ah, juz 5, hal. 158-159, Syaikh Ibnu Baz)

[Disalin dari buku Al-Fatawa Asy-Syar’iyyah Fi Al-Masa’il Al-Ashriyyah Min Fatawa Ulama Al-Balad Al-Haram, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Terkini, Penerjemah Musthofa Aini, Penerbit Darul Haq]

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!