SSD VPS

Mengambil Harta Ghanimah Secara Sembunyi Sebelum Dibagikan

Bab II
Sebab-Sebab yang Menjadikan Penghuni Kubur Diadzab

Sebab-Sebab Adzab Kubur Secara Terperinci
14. Mengambil Harta Ghanimah Secara Sembunyi Sebelum Dibagikan.
Hal ini ditunjukkan oleh hadits Abi Hurairah Radhiyallahu anhu tentang seseorang yang mengambil harta rampasan sebelum dibagikan, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّ الشَّمْلَةَ الَّتِي أَصَابَهَا يَوْمَ خَيْبَرَ مِنَ الْمَغَانِمِ لَمْ تُصِبْهَا الْمَقَاسِمُ لَتَشْتَعِلُ عَلَيْهِ نَارًا.

Demi Dzat yang jiwaku ada pada-Nya, sesungguhnya pakaian yang ia dapatkan pada perang Khaibar dan diambil sebelum dibagikan akan menyala terbakar dengan api.”[1]

Wahai seorang Muslim? Janganlah merasa heran dari adzab yang akibat suatu perbuatan yang engkau anggap sepele, sesungguhnya banyak orang jahil yang bersandar kepada rahmat Allah dan ampunan-Nya, maka mereka menelantarkan perintah dan laranganNya, mereka lupa bahwa Allah itu sangat keras adzab-Nya, dan adzab-Nya tidak bisa ditolak dari orang-orang yang berdosa.

Sebagian ulama berkata, “Barangsiapa yang memotong (mengambil) salah satu dari anggota tubuhmu di dunia dengan mencuri 3 dirham, maka janganlah merasa aman bahwa adzabnya nanti di akhirat juga seperti itu.”

[Disalin dari Al-Qabru ‘Adzaabul Qabri…wa Na’iimul Qabri Penulis Asraf bin ‘Abdil Maqsud bin ‘Abdirrahim  Judul dalam Bahasa Indonesia KUBUR YANG MENANTI Kehidupan Sedih dan Gembira di Alam Kubur Penerjemah Beni Sarbeni Penerbit  PUSTAKA IBNU KATSIR]
______
Footnote
[1] Al-Bukhari, kitab al-Maghaazii bab Gazwatul Khaibar (no. 4234) dan Muslim, kitab al-Iimaan, bab Gilzhu Tahriimil Ghulul (no. 115 (183)).

  1. Home
  2. /
  3. Kitab : Kubur Menanti
  4. /
  5. Mengambil Harta Ghanimah Secara...
Baca Juga  Semua Golongan di Bawah Ini Mendapatkan Bagian dari Siksa Kubur.