Muqaddimah Adab Harian Muslim Teladan

ADAB HARIAN MUSLIM TELADAN

Muqaddimah
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan petunjuk kepada makhluk-Nya menuju kesempur-naan adab. Allah telah membuka pintu perbenda-haraan rahmat dan kemurahan-Nya yang luas bagi makhluk-Nya. Nurani yang terang hanyalah diper-untukkan kepada hamba-Nya yang mukmin sehing-ga dengannya mereka dapat mengetahui kebenaran dan berusaha untuk mencari pahala. Sedangkan nurani yang buta hanyalah bagi orang-orang yang berpaling dari ketaatan, maka antara mereka dan cahaya Allah terdapat penghalang (sehingga mereka tidak men-dapatkan cahaya dari Allah).

Allah telah memberikan petunjuk kepada orang-orang yang beriman kepada-Nya dengan karunia dan rahmat-Nya, sebagaimana halnya Allah telah  menyesatkan orang-orang yang tidak beriman kepada-Nya dengan keadilan dan hikmah-Nya. Aku bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Allah, Yang Mahaesa tiada sekutu bagi-Nya, Yang Mahamulia lagi Maha Pemberi. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya yang diutus dengan membawa ibadah yang agung dan adab (akhlak) yang sempurna. Semoga shalawat dan salam tercurah kepada beliau, keluarga dan para Sahabatnya. Amma ba’du:

Buku di tangan pembaca ini merupakan buku ringkas, meliputi beberapa adab yang sesuai dengan al-Qur-an dan as-Sunnah. Setiap muslim membutuh-kan adab-adab tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Saya paparkan adab-adab tersebut sebagai nasihat bagi umat, sebagai pendidikan bagi orang-orang yang masih belum tahu tentang adab-adab syar’i, sebagai pengingat bagi orang-orang yang lupa tentang hal-hal tersebut, sebagai peringatan bagi orang-orang yang melalaikannya, serta agar setiap muslim dapat hidup berdasarkan petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, baik dalam dzikirnya, tasbihnya dan do’anya, bahkan dia pun dapat hidup dengan menerapkan petunjuk dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam tata cara makan dan minum-nya. Dengan demikian dia menerapkannya dengan penuh rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga  Keutamaan Mengucapkan Salam Dengan Lafazh Salam Yang Lengkap

Pemaparan adab-adab syar’i dalam buku ini juga ditujukan agar kaum Muslimin dapat hidup sesuai dengan petunjuk Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam tidurnya, sehingga menjadikannya sebagai penopang untuk tetap dapat melakukan ketaatan kepada Allah Sang Maha Pencipta dan begitu juga dalam tata cara berpakaian.

Ya, (kami tekankan) agar setiap muslim dapat hidup sesuai dengan petunjuk beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam segala aspek kehidupannya, bahkan dalam tata cara bersin. Hal ini agar setiap tindak tanduknya berlandaskan suatu tuntunan yang jelas.

Oleh karena itu, wajib bagi setiap muslim untuk dapat menjaga adab-adab tersebut secara lengkap dan sempurna, melaksanakannya sesuai dengan petunjuk wahyu dan tuntunan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dimana Allah telah memerintahkan kepada kita agar mengikuti dan berpegang teguh kepada Sunnah-Sunnah beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Saya memohon kepada Allah, kebaikan tujuan dan niat (dalam penulisan buku ini) dan agar apa yang termaktub di dalamnya memberi manfaat bagi pembaca dan penulisnya serta menjadikannya penuh dengan manfaat dan keberkahan secara meluas dengan karunia dan rahmat-Nya. Sesungguhnya Allah Maha-kuasa atas segala sesuatu. Semoga shalawat (dan salam) tercurah kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluar-ganya dan para Sahahabatnya.

Alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin

Penulis
‘Abdul Hamid bin ‘Abdirrahman as-Suhaibani
Waktu Dhuha, di hari Rabu 23/2/1414 H

[Disalin dari kitab Aadaab Islaamiyyah, Penulis ‘Abdul Hamid bin ‘Abdirrahman as-Suhaibani, Judul dalam Bahasa Indonesia Adab Harian Muslim Teladan, Penerjemah Zaki Rahmawan, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir Bogor, Cetakan Kedua Shafar 1427H – Maret 2006M]