Melaksanakan Pesta Di Hotel-Hotel Dan Klub-Klub

MELAKSANAKAN PESTA DI HOTEL-HOTEL DAN DI KLUB-KLUB.

Oleh
Abu Hafsh Usamah bin Kamal bin Abdir Razzaq

Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah berkata: “Pesta-pesta yang diselenggarakan di hotel-hotel berisikan kesalahan-kesalahan, di antaranya:

  1. Pesta-pesta yang diadakan di hotel pada umumnya berlebih-lebihan dan melampaui kebutuhan.
  2. Hal itu membawa kepada sikap memaksakan diri untuk mengadakan perayaan di hotel dan berlebih-lebihan serta hadirnya kalangan yang tidak memiliki keperluan kepadanya.
  3. Kadangkala menyebabkan pembauran antara kaum pria dan kaum wanita dari hotel dan selain mereka. Dan ini adalah pembauran yang buruk lagi munkar. Karena itu dari Dewan Ulama Besar telah diterbitkan surat keputusan yang berisikan nasihat agar pesta perkawinan dilarang diselenggarakan di hotel-hotel, dan hendaklah orang-orang menyelenggarakan pesta perkawinan di rumah-rumah mereka serta tidak memaksa-kan diri menyelenggarakannya di hotel; karena pesta semacam ini menyebabkan keburukan. Demikian pula gedung-gedung pesta yang disewa dengan biaya yang sangat mahal. Semua ini ditujukan untuk menasihati agar pesta seperti ini dilarang, sebagai bentuk belas kasih kepada manusia dan berkeinginan untuk berlaku sederhana, tidak boros dan tidak mubadzir. Sehingga orang-orang yang hidup sederhana dapat melangsung-kan pernikahan dan tidak memaksakan diri… dan seterus-nya.”[1]

Di antara perkara munkar yang terjadi di hotel-hotel dan klub-klub di berbagai negeri umat muslim ialah campur baur antara kaum pria dan wanita. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang kaum kerabat suami melihat isterinya, sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِيَّاكُمْ وَالدُّخُوْلُ عَلَى النِّسَاءِ.

Janganlah kalian masuk ke tempat wanita.”

Seorang Anshar bertanya: “Bagaimana pendapatmu tentang al-ham-wu (ipar)?” Beliau bersabda: “Al-ham-wu adalah kematian.”[2]

Jika syari’at telah melarang kerabat suami menjenguk isterinya, maka bagaimana halnya selain kerabat suami?

Bersamaan dengan berbaurnya pria dan wanita ini, di sana pun wanita pasti bersolek dan berdandan, yang mana kita telah dilarang darinya.

Juga berdandannya wanita dalam pesta dengan dandanan yang tidak ditujukan untuk suami mereka, semua itu menyebabkan kaum pria memandang kaum wanita dan wanita memandang kaum pria. Dan hati-hatilah terhadap apa yang terjadi sesudah itu. Bahkan disamping berhias, kaum wanita pun memakai parfum yang dapat menggoda kaum pria, dengan melupakan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

أَيُّمَا امْرَأَةٍ اِسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوْا مِنْ رِيْحِهَا، فَهِيَ زَانِيَةٌ.

Wanita mana saja yang memakai parfum lalu melintasi kaum pria agar mereka mencium aromanya, maka dia adalah pezina.”[3]

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا خَرَجَتْ، اِسْتَشْـرَفَهَا الشَّيْطَانُ.

Sesungguhnya jika wanita keluar rumah, maka syaitan mengawasinya[4]

Muslim meriwayatkan dalam Shahiihnya, dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia mengatakan: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga  Mengajak Kepada Kebaikan Harus Dilaksanakan Walaupun Yang Diajaknya Marah

صِنْفَـانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهمُاَ: قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأّذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُوْنَ بِهَا النَّاسُ، وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيْلاَتٌ مَائِلاَتٌ، رُؤُوْسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَـائِلَةِ، لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيْحَهَا. وَإِنَّ رِيْحَهَا لَيُوْجَدُ مِنْ مَسِيْرَةِ كَذَا وَكَذَا.

Ada dua golongan[5] penghuni Neraka yang aku belum pernah melihat keduanya; kaum yang mempunyai cemeti seperti ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya; dan kaum wanita yang berpakaian tapi telanjang[6], yang menggoyang-goyangkan pundaknya[7] dan berlenggak-lenggok[8], dan kepala mereka seperti punuk unta yang condong[9]. Mereka tidak masuk Surga dan tidak pula mencium baunya. Padahal bau Surga dapat dicium dari jarak sekian dan sekian.[10]

Benar, orang-orang yang membiarkan isteri-isteri mereka demikian adalah seperti orang-orang yang disifatkan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai orang yang tidak mempunyai rasa cemburu, dan beliau mengabarkan bahwa mereka termasuk orang-orang yang tidak akan masuk Surga. Dayyuts adalah laki-laki yang tidak mempunyai kecemburuan terhadap keluarganya dan menyetujui kenistaan yang ada (terjadi) pada keluarganya. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan bahwa orang tersebut tidak masuk Surga, melalui sabdanya:

ثَلاَثَةٌ لاَ يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ: اَلْعَاقُّ لِوَالِدَيْهِ، وَالدَّيُوْثُ، وَرَجَلَةُ النَّسَاءِ.

Ada tiga golongan yang tidak akan masuk Surga; orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, ad-dayyuuts dan wanita yang berdandan dengan dandanan lelaki.”[11]

Ahmad meriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash Radhiyallahu anhu, ia mengatakan: “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

سَيَكُوْنُ فِيْ آخِرِ أُمَّتِيْ، رِجَـالٌ يَرْكَبُوْنَ عَلَـى السُّرُوْجِ كَأَشْبَـاهِ الرِّجَـالِ… يَنْزِلُوْنَ عَلَى أَبْوَابِ الْمَسَـاجِدِ، وَنِسَاؤُهُمْ كَاسِيَاتٌ، عَـارِيَاتٌ، عَلَى رُؤُوْسِهِنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْعِجَـافِ، اِلْعَنُوْهُنَّ فَإِنَّهُنَّ مَلْعُوْنَـاتٌ، لَوْ كَانَتْ وَرَاءَكُمْ أُمَّةٌ مِنَ اْلأُمَمِ لَخَدَمْنَ نِسَاؤُكُمْ نِسَاءَهُمْ، كَمَـا يَخْدُمْنَكُمْ نِسَاءُ اْلأُمَمِ قَبْلَكُمْ.

Akan ada pada akhir umatku orang-orang yang menaiki pelana kuda sebagaimana laki-laki lainnya… Mereka turun di depan pintu-pintu masjid, sedangkan isteri-isteri mereka berpakaian tetapi telanjang, (apa) yang di atas kepala mereka seperti punuk unta yang kurus. Laknatlah mereka, sebab mereka adalah wanita-wanita terlaknat. Seandainya di belakang kalian ada suatu umat dari umat-umat, niscaya wanita-wanita kalian berkhidmat kepada wanita-wanita mereka, sebagaimana wanita umat-umat sebelum kalian berkhidmat kepada kalian.’”[12]

Maka setelah pengharaman, ancaman dan celaan terhadap tabarruj (bersolek di luar rumah) dan berbaur antara pria dan wanita ini, apakah kita akan membiarkan pesta-pesta kita seperti apa adanya ataukah kita mendengar perintah-perintah Rabb kita dan memisahkan antara pria dan wanita di mana salah seorang dari mereka tidak melihat lawan jenisnya? Orang-orang yang berpesta semestinya mengetahui bahwa:

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى، كَانَ لَهُ مِنَ اْلأَجْرِ، مِثْلُ أُجُوْرِ مَنْ تَبِعَهُ، وَلاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُوْرِهِمْ شَيْئًا، وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ، كَـانَ عَلَيْهِ مِنَ اْلإِثْمِ، مِثْلُ آثَـامِ مَنْ تَبِعَهُ، لاَ يَنْقُصُ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا.

Baca Juga  Umar bin Al-Khaththab, Saat Kritis Tetap Melakukan Nahi Mungkar

Barangsiapa yang mengajak kepada hidayah, maka dia men-dapatkan pahala sebagaimana pahala yang diperoleh orang yang mengikutinya dan hal itu tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun. Sebaliknya, barangsiapa yang mengajak kepada kesesatan, maka dia mendapatkan dosa, sebagaimana dosa-dosa yang diperoleh orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa-dosa mereka sedikit pun.”[13]

Apakah engkau -wahai saudaraku yang sedang mengadakan pesta- sudi menyerukan kepada kebajikan, sehingga hal itu menjadi timbangan kebaikanmu, ataukah mengajak kepada kesesatan dan kemaksiatan lalu itu menjadi timbangan keburukanmu pada hari Kiamat?

[Disalin dari kitab Isyratun Nisaa Minal Alif Ilal Yaa, Penulis Abu Hafsh Usamah bin Kamal bin Abdir Razzaq. Edisi Indonesia Panduan Lengkap Nikah Dari A Sampai Z, Penerjemah Ahmad Saikhu, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir – Bogor]
_______
Footnote
[1] Fataawaa al-Mar-ah, dikumpulkan dan disusun oleh Muhammad al-Musnid, (hal. 105) dengan diringkas.
[2] HR. Al-Bukhari (no. 5232) kitab an-Nikaah, Muslim (no. 2172) kitab as-Salaam, at-Tirmidzi (no. 1171) kitab ar-Radhaa’, Ahmad (no. 16896), ad-Darimi (no. 2642) kitab al-Isti’-dzaan.
[3] HR. At-Tirmidzi (no. 2786) kitab al-Adab, an-Nasa-i (no. 5126) kitab az-Ziinah, Abu Dawud (no. 4173) kitab at-Tarajjul, Ahmad (no. 19081, 19212, 19248), ad-Darimi (no. 2646) kitab al-Isti’-dzaan, dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahiih an-Nasa-i (no. 4737), dan lihat al-Misykaah (no. 1065)
[4] HR. At-Tirmidzi (no. 1173), kitab ar-Radhaa’ dan at-Tirmidzi mengatakan: “Hadits hasan gharib.”
[5] Dua golongan. Hadits ini adalah di antara mukjizat kenabian. Kedua golongan ini telah terjadi, dan keduanya ada. Hadits ini berisi celaan terhadap kedua golongan tersebut
[6] Berpakaian tapi telanjang. Dikatakan bahwa maknanya ialah wanita yang menutupi sebagian badannya dan membuka sebagian lainnya untuk menampakkan kecantikannya dan sejenisnya. Dikatakan pula bahwa maknanya yaitu wanita yang memakai pakaian tipis yang menampakkan warna (bentuk) tubuhnya.
[7] Atau mengajarkan penyimpangan kepada selainnya
[8] Atau melenggang dengan sombong, atau berjalan berlenggang-lenggok seperti pelacur.
[9] Yang dimaksud kepala mereka seperti punuk unta, mereka membesarkan kepala dengan lilitan sorban, kain atau selainnya.
[10] HR. Muslim (no. 2128), Ahmad (no. 8451, 9388), Malik (no. 1694).
[11] HR. Ahmad (no. 6078), an-Nasa-i (no. 2562) kitab az-Zakaah, al-Hakim (III/ 103), ia mensahihkannya dan disetujui oleh adz-Dzahabi.
[12] HR. Ahmad (no. 7043), dan para perawinya tsiqat selain ‘Abdullah bin ‘Iyasy, ia adalah shaduq
[13] HR. Muslim (no. III/2060) kitab al-‘Ilm, at-Tirmidzi (no. 2673) kitab al-‘Ilm, Abu Dawud (no. 4609) kitab as-Sunnah, ad-Darimi (no. 513) kitab al-Muqaddimah

  1. Home
  2. /
  3. A9. Fiqih Dakwah Nahi...
  4. /
  5. Melaksanakan Pesta Di Hotel-Hotel...