Prinsip Dasar Islam Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah yang Shahih

DAFTAR ISI

  1. Muqaddimah
  2. Mensyukuri nikmat Islam yang Allah karuniakan kepada kita.
  3. Pengertian Islam dan tingkatannya.
  4. Karakteristik agama Islam.
  5. Azas Islam adalah tauhid dan menjauhkan syirik.
  6. Keutamaan tauhid.
  7. Iman kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  8. Pengertian ibadah dalam Islam.
  9. Keutamaan Islam dan keindahannya.
  10. Islam adalah agama yang mudah.
  11. Islam adalah agama yang sempurna.
  12. Dasar Islam adalah Al-Qur-an dan As-Sunnah yang shahih menurut pemahaman Salafus Shalih.
  13. Islam adalah satu-satunya agama yang benar.
  14. Al-Wala’ wal Bara’.
  15. Kemuliaan akhlaq Ahlus Sunnah wal Jama’ah.
  16. Penutup

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

Untuk mengetahui agama Islam dengan benar, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh setiap muslim. Hal-hal yang perlu diketahui tersebut merupakan prinsip-prinsip dasar Islam, yang dengan mengetahuinya kita akan semakin yakin bahwa agama Islam-lah yang dapat menyelesaikan setiap problem yang dihadapi oleh seluruh manusia, baik masalah individu, rumah tangga, maupun masyarakat. Dan kita akan yakin bahwa hanya dengan Islam-lah berbagai masalah dalam seluruh aspek kehidupan dapat diselesaikan, baik dalam perkara ‘aqidah, ibadah, akhlak, problema rumah tangga dan bermasyarakat, masalah politik, sosial, ekonomi dan yang lainnya, baik di dunia maupun di akhirat, baik untuk pribadi maupun untuk masyarakat, baik untuk jasad maupun untuk batin. Semuanya telah dijelaskan melalui Al-Qur-an dan As-Sunnah sesuai dengan apa yang telah difahami oleh generasi Salafush Shalih, yaitu generasi terbaik yang telah mendapat jaminan keridhaan dari Allah Azza wa Jalla.

Dalam buku kecil ini penulis menjelaskan prinsip-prinsip dasar agama Islam yang wajib diketahui oleh setiap muslim dan muslimah. Mudah-mudahan dengan membaca buku ini pembaca akan bertambah iman, ilmu yang bermanfaat, wawasan tentang Islam dan mudah-mudahan Allah memberikan hidayah taufiq kepada kita untuk dapat melaksanakan syari’at Islam dan istiqamah (konsekuen dan konsisten) di atas ‘aqidah dan manhaj yang benar.

Baca Juga  Kunci-Kunci Rizki Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah

[Disalin dari buku Prinsip Dasar Islam Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah yang Shahih, Penulis Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit Pustaka At-Taqwa Po Box 264 Bogor 16001, Cetakan ke 3]

  1. Home
  2. /
  3. Halaman Indeks
  4. /
  5. Prinsip Dasar Islam Menurut...