Seorang Ibu yang Enggan Menyusui Anaknya Tanpa Alasan, Dikhawatirkan Mendapat Adzab Kubur.

Bab II
Sebab-Sebab yang Menjadikan Penghuni Kubur Diadzab

Sebab-Sebab Adzab Kubur Secara Terperinci
16. Seorang Ibu yang Enggan Menyusui Anaknya Tanpa Alasan, Dikhawatirkan Mendapat Adzab Kubur.
Di dalam hadits Abu Umamah diungkapkan:

ثُمَّ انْطَلَقَ بِيْ، فَإِذَا أَنَـا بِنِسَاءٍ تَنْهَشُ ثَدْيَهُنَّ الْحَيَاتُ، قُلْتُ مَـا بَالُ هَؤُلاَءِ؟ قَالَ: هَؤُلاَءِ يَمْنَعْنَ أَوْلاَدَهُنَّ أَلْبَانَهُنَّ.

Kemudian dia membawaku pergi, tiba-tiba saja aku melihat para wanita yang payudaranya dipatok ular. Aku bertanya, ‘Kenapa mereka disiksa seperti itu?’ Dia menjawab, ‘Mereka adalah wanita-wanita yang menolak untuk menyusui anak-anak mereka.’”[1]

Di dalam hadits tersebut ada sebuah ancaman yang sangat berat bagi para ibu yang menolak me-nyusui anaknya dari susunya sendiri pada masa-masa menyusui tanpa alasan dan menggantikannya dengan susu buatan.[2]

Sebuah ganjaran pasti sesuai dengan amal yang dilakukan, sebagaimana mereka telah menolak untuk menyusui anaknya tanpa alasan pada masa-masa menyusui, maka mereka pun akan mendapatkan ganjaran dengan patokan ular pada payudara mereka, hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala kita semua berlindung dari semua siksaan itu.

Padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memerintahkan para ibu untuk menyusui anaknya selama dua tahun bagi yang ingin menyempurnakannya, Allah Subhanahu wa Ta’ala:

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan pernyusuan…” [Al-Baqarah/2: 233].

Maka jawablah, dan jawablah wahai para Ibu! Jawablah seruan Allah untuk menyusui anak-anak-mu, siapa saja yang tidak mengasihi, niscaya ia tidak akan dikasihi dan bukanlah golongan kami orang-orang yang tidak mengasihi anak-anak kecil.

[Disalin dari Al-Qabru ‘Adzaabul Qabri…wa Na’iimul Qabri Penulis Asraf bin ‘Abdil Maqsud bin ‘Abdirrahim  Judul dalam Bahasa Indonesia KUBUR YANG MENANTI Kehidupan Sedih dan Gembira di Alam Kubur Penerjemah Beni Sarbeni Penerbit  PUSTAKA IBNU KATSIR]
______
Footnote
[1] Hadits shahih. Sudah berlalu takhrijnya.
[2] Di dalam sebuah penelitian ilmiah ditemukan bahwa seorang anak yang menyusu dari susu buatan lebih rentan untuk ter-kena demam.