Komparasi Makna Bid’ah Secara Lughawi dan Syar’i

KOMPARASI MAKNA BID’AH SECARA LUGHAWI DAN SYAR’I

Oleh
Muhammad bin Husain Al-Jizani

Ini bisa diketahui dari dua sisi, yaitu:

  1. Pengertian bid’ah dalam kacamata bahasa (lughah) lebih umum dibanding makna syar’inya. Antara dua makna ini ada keumuman dan kekhususan yang mutlak, karena setiap bid’ah syar’iyyah masuk dalam pengertian bid’ah lughawiyyah, namun tidak sebaliknya, karena sesungguhnya sebagian bid’ah lughawiyyah seperti penemuan atau pengada-adaan yang sifatnya materi tidak termasuk dalam pengertian bid’ah secara syari’at.[1]
  2. Jika dikatakan bid’ah secara mutlak, maka itu adalah bid’ah yang dimaksud oleh hadits “(كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ) Setiap bid’ah itu sesat”, dan bid’ah lughawiyyah tidak termasuk di dalamnya, oleh sebab itu sesungguhnya bid’ah syar’iyyah disifati dengan dlalalah (sesat) dan mardudah (ditolak). Pemberian sifat ini sangat umum dan menyeluruh tanpa pengecualian, berbeda dengan bid’ah lughawiyyah, maka jenis bid’ah ini tidak termasuk yang dimaksud oleh hadits : “(كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ) Setiap bid’ah itu sesat”, sebab bid’ah lughawiyyah itu tidak bisa diembel-embeli sifat sesat dan celaan serta serta tidak bisa dihukumi ditolak dan batil.

[Disalin dari kitab Qawaa’id Ma’rifat Al-Bida’, Penyusun Muhammad bin Husain Al-Jizani, edisi Indonesia Kaidah Memahami Bid’ah, Penerjemah Aman Abd Rahman, Penerbit Pustaka Azzam, Cetakan Juni 2001]
________
Footnote
[1] Lihat Iqhtidlaush Shirathil Mustaqim 2/590

  1. Home
  2. /
  3. A4. Sumber Bid'ah Dalam...
  4. /
  5. Komparasi Makna Bid’ah Secara...
Baca Juga  Bid’ah-Bid’ah di Bulan Muharram