Keadaan Para Sahabat Radhiyallahu anhum di Malam Hari (2)

BEBERAPA GAMBARAN MENGENAI QIYAAMUL LAIL

Keadaan Para Sahabat Radhiyallahu anhum di Malam Hari:
6. Abu Musa al-Asy’ari Radhiyallahu anhu
Disebutkan dalam sebuah hadits:

لَقَدْ أُوْتِيَ مِزْمَارًا مِنْ مَزَامِيْرِ آلِ دَاوُدَ.

Sungguh dia telah diberikan seruling dari seruling-seruling keluarga Dawud Alaihissallam.”[1]

Pada suatu malam, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melintas, sedangkan Abu Musa sedang membaca al-Qur-an di dalam rumahnya. Ketika itu ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma ikut bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu keduanya berdiri dan menyimak bacaannya, kemudian keduanya berlalu, tatkala memasuki waktu pagi, Abu Musa bertemu dengan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau mengabar-kannya perihal semalam, lalu Abu Musa berkata, “Wahai Nabi Allah, seandainya aku mengetahui posisimu ketika itu, niscaya aku akan menghiasi al-Qur-an untukmu (dengan suara yang merdu).”[2]

Abu Yusuf, pengawal Mu’awiyah, bercerita, “Abu Musa al-Asy’ari pernah mendatangi Mu‘awiyah, lalu beliau singgah di suatu penginapan di Damaskus, lalu Mu’awiyah keluar di malam hari untuk mendengarkan bacaannya.”[3]

Diriwayatkan dari Anas Radhiyallahu anhu, dia berkata, “Kami tiba di kota Bashrah bersama dengan Abu Musa, lalu ia bangun malam untuk melakukan shalat Tahajjud, tatkala memasuki waktu Shubuh, seseorang berkata kepadanya, ‘Semoga Allah membuat gubernur menjadi baik. Seandainya engkau melihat istri dan kerabatmu, dan mereka tengah menyimak bacaanmu.’ Lalu Abu Musa berkata, ‘Seandainya aku mengetahui, pastilah aku akan menghiasi Kitabullah dengan suaraku.”[4]

Dan ketika ‘Umar Radhiyallahu anhu duduk di sisi Abu Musa Radhiyallahu anhu, beliau berkata kepadanya, “Wahai Abu Musa, berilah peringatan kepada kami.” Lalu Abu Musa membaca al-Qur-an[5].

7. ‘Abdullah bin ‘Abbas Radhiyallahu anhuma
Beliau adalah ulamanya umat ini dan penerjemah al-Qur-an. Diriwayatkan darinya bahwa dia berkata, “Aku pernah melakukan shalat di belakang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di akhir malam, lalu beliau mengarahkan diriku sejajar dengannya. Tatkala selesai, aku berkata, ‘Apakah pantas bagi seseorang jika dia melakukan shalat sejajar dengan Rasulullah, padahal engkau adalah utusan Allah.’ Lalu beliau berdo’a kepada Allah agar Dia memberiku tambahan pemahaman dan ilmu.”[6]

Diriwayatkan dari Ibnu Abi Mulaikah, dia berkata, “Aku pernah menemani Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu anhuma dari Makkah ke Madinah, maka ketika beliau singgah (di suatu tempat), beliau beribadah di pertengahan malam.” Ayyub bertanya kepada Ibnu Abi Mulaikah, “Bagaimana dengan bacaan al-Qur-annya?” Ibnu Abi Mulaikah menjawab: “Beliau membaca:

وَجَاءَتْ سَكْرَةُ الْمَوْتِ بِالْحَقِّ ۖ ذَٰلِكَ مَا كُنْتَ مِنْهُ تَحِيدُ

Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang kamu selalu lari daripadanya.” [Qaaf/50: 19]

Beliau membacanya secara tartil dan banyak menangis dengan tersedu-sedu.”[7]

Diriwayatkan dari Abu Raja’, dia berkata, “Aku pernah melihat Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu anhuma dan di bawah kedua matanya tampak seperti tali sepatu yang telah usang lantaran menangis.”[8]

8. ‘Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu anhuma
Disebutkan dalam sebuah hadits:

مَا مِنَّا أَحَدٌ أَدْرَكَ الدُّنْيَا إِلاَّ وَقَدْ مَالَتْ بِهِ إِلاَّ ابْنَ عُمَرَ.

Tidak seorang pun dari kita yang mengalami hidup di dunia melainkan dunia akan membuatnya condong kepadanya kecuali Ibnu ‘Umar.”[9]

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda mengenai dirinya:

Baca Juga  Keadaan Salafush Shalih di Malam Hari (1)

نِعْمَ الرَّجُلُ عَبْدُ اللهِ لَوْ كَانَ يَقُوْمُ الَّيْلَ.

Sebaik-baik laki-laki adalah ‘Abdullah (bin ‘Umar) seandainya dia mau beribadah di malam hari.”

Perawi berkata, “Maka setelah sabda ini, Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anhu tidak tidur di malam hari melainkan hanya sebentar saja.”[10]

Ada yang bertanya kepada Nafi’, “Apa yang diperbuat oleh Ibnu ‘Umar di rumahnya?” Nafi’ menjawab, “Kalian tidak akan sanggup melakukannya, yaitu berwudhu’ setiap kali shalat dan mushhaf selalu ada di antara keduanya.”[11]

Diriwayatkan dari Nafi’, dia berkata, “Tatkala Ibnu ‘Umar ketinggalan shalat ‘Isya’ berjama’ah, maka beliau menghidupkan sisa malamnya.”[12]

Diriwayatkan dari Muhammad bin Zaid, “Bahwa Ibnu ‘Umar memiliki (bak) lumpang yang di dalamnya terdapat air, lalu beliau melakukan shalat dengan air yang ada di dalamnya secukup-nya, kemudian beliau menuju ranjang, lalu beliau tidur sejenak seperti tidurnya burung, kemudian beliau bangun dan berwudhu’ lalu melakukan shalat, hal itu dilakukannya dalam satu malam sebanyak empat atau lima kali.”[13]

Ketika menjelang wafat, beliau berkata, “Tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang dapat menghibur kecuali rasa haus di tengah hari dan penderitaan di malam hari.”[14]

9. ‘Abdullah bin az-Zubair Radhiyallahu anhu
Dia adalah cucu paman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan putera utusan beliau. Dia selalu beribadah di malam hari dan berpuasa di siang hari, dan dia dikenal dengan nama hamaamatul masjid (burung merpati masjid).[15]

Mujahid berkata, “Ketika Ibnuz Zubair berdiri hendak melakukan shalat, maka (seakan-akan) dia itu laksana sebatang kayu.”[16]

Tsabit al-Bannani berkata, “Aku pernah diperintahkan untuk menemui Ibnuz Zubair, sedangkan beliau tengah melakukan shalat di belakang Maqam Ibrahim, beliau terlihat seakan-akan sebatang kayu yang berdiri tegak tanpa bergerak.”

Diriwayatkan dari Muslim bin Yunaq, dia berkata: “Pada suatu hari, Ibnuz Zubair melakukan shalat, lalu beliau membacakan kepada kami surat al-Baqarah, Ali-‘Imran, an-Nisaa’ dan al-Maa-idah, dan beliau tidak mengangkat kepalanya.”[17]

Diriwayatkan dari ‘Amr bin Dinar, dia ber-kata, “Ibnuz Zubair pernah melakukan shalat di Hijir Isma’il sedangkan meriam bertubi-tubi merontokkan bangunan tersebut, maka beliau tidak menoleh. Ketika itu adalah hari di mana orang-orang (musuh-musuhnya) mengepungnya.”[18]

‘Utsman bin Thalhah berkata, “Tidak ada yang mempertentangkan Ibnuz Zubair dalam tiga hal, yaitu keberaniannya, ibadahnya dan kefashihannya.”[19]

Gambaran Tentang Ibadah Para Sahabat Wanita
1. Ummul Mukminin ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma
Beliau adalah ash-Shiddiqah binti ash-Shiddiq (wanita jujur puteri dari orang yang jujur) dan wanita terpintar pada umat ini secara mutlak. Mengenai dirinya, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

فَضْلُ عَائِشَةَ عَلَى النِّسَاءِ كَفَضْلِ الثَّرِيْـدِ عَلَى سَائِرِ الطَّعَامِ.

Keutamaan ‘Aisyah atas wanita-wanita lainnya seperti keutamaan tsarid (bubur, roti yang diremuk dan direndam dalam kuah) atas semua makanan.”[20]
Al-Qasim berkata, “Ketika aku pergi, aku memulainya dengan rumah ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma, aku mengucapkan salam kepadanya. Pada suatu hari akan pergi, tiba-tiba beliau sedang berdiri melakukan shalat dan membaca ayat:

فَمَنَّ اللهُ عَلَيْنَا وَوَقَانَا عَذَابَ السَّمُومِ

‘Maka Allah memberikan karunia kepada kami dan memelihara kami dari adzab Neraka.’ [Ath-Thuur/52: 27]

Beliau berdo’a, menangis dan mengulang-ulang ayat tersebut. Lalu aku berdiri hingga aku merasa bosan dengan terus berdiri, lalu aku pergi ke pasar untuk membeli keperluanku, kemudian aku kembali, dan beliau masih tetap berdiri sebagaimana beliau berdiri ketika shalat dan menangis tadi.”[21]

Baca Juga  Keadaan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam di Malam Hari

2. Ummul Mukminin Zainab Radhiyallahu anhuma
Beliau adalah wanita terhormat dan ahli ibadah, beliau adalah tempat berlindung anak-anak yatim dan para janda.[22]

Beliau sering berpuasa, beribadah dan bersedekah, bahkan beliau dijuluki sebagai Ummul Masakin (ibu orang-orang miskin).[23]

Disebutkan dalam sebuah hadits:

دَخَلَ النَّبِـيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَسْجِدَ، فَإِذَا حَبْلٌ مَمْدُوْدٌ بَيْنَ السَّارِيَتَيْنِ، فَقَالَ: مَا هَذَا الْحَبْلُ؟ قَالُوْا: هَذَا حَبْلٌ لِزَيْنَبَ فَإِذَا فَتَرَتْ تَعَلَّقَتْ بِهِ، فَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لاَ، حُلُّوْهُ، لِيُصَلِّ أَحَدُكُمْ نَشَاطَهُ فَإِذَا فَتَرَ فَلْيَقْعُدْ.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memasuki masjid, tiba-tiba beliau mendapatkan sebuah tali yang membentang di antara dua tiang penyangga, lalu beliau bertanya, ‘Tali apa ini?’ Para Sahabat menjawab, ‘Ini adalah tali milik Zainab, jika dia tampak lemas, maka dia bergantung dengannya.’ Lalu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, ‘Tidak, lepaskanlah tali itu, hendaklah seorang dari kalian melakukan shalat sesuai dengan kesungguhannya, jika dia merasakan lemas, maka hendaklah ia duduk.'”[24]

Semoga Allah merahmati dan meridhainya.

[Disalin dari kitab “Kaanuu Qaliilan minal Laili maa Yahja’uun” karya Muhammad bin Su’ud al-‘Uraifi diberi pengantar oleh Syaikh ‘Abdullah al-Jibrin, Edisi Indonesia Panduan Lengkap Shalat Tahajjud, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir]
_______
Footnote
[1] HR. Al-Bukhari dalam kitab Fadhaa-ilil Qur-aan, bab Husnish Shaut bil Qiraa-ah bil Qur-aan, (hadits no. 5048) dan Muslim dalam kitab Shalaatil Musaafiriin, bab Istihbaabi Tahsiinish Shaut bil Qur-aan, (hadits no. 793).
[2] HR. Al-Hakim dalam kitab Mustadraknya, (III/529) dan dia berkata, “Hadits ini sanadnya shahih dan adz-Dzahabi menyetujuinya.” Lihat Siyar A’laamin Nubalaa’, (II/387).
[3] Siyar A’laamin Nubalaa’, (II/382).
[4] HR. Ibnu Sa’ad (II/344).
[5] Siyar A’laamin Nubalaa’, (II/391).
[6] Siyar A’laamin Nubalaa’, (II/338)
[7] Hilyatul Auliyaa’ (I/327) dan Siyar A’laamin Nubalaa’ (III/352)).
[8] Siyar A’laamin Nubalaa’ (III/352).
[9] Hilyatul Auliyaa’, (I/294) dan Siyar A’laamin Nubalaa’, (III/211). Ini adalah ucapan Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu
[10] Telah lalu takhrijnya.
[11] Siyar A’laamin Nubalaa’, (III/215).
[12] Hilyatul Auliyaa’, (I/303).
[13] Al-Ishaabah fii Tamyiizish Shahaabah, karya Ibnu Hajar (IV/158).
[14] Mukhtashar Qiyaamil Lail, (hal. 25).
[15] Lihat Hilyatul Auliyaa’, (I/335).
[16] Siyar A’laamin Nubalaa’ (III/368).
[17] Siyar A’laamin Nubalaa’ (III/369).
[18] Siyar A’laamin Nubalaa’ (III/369).
[19] Siyar A’laamin Nubalaa’ (III/370).
[20] HR. Al-Bukhari dalam kitab al-Manaaqib, bab Fadhlu ‘Aisyah  Radhiyallahu anha, (hadits no. 770) dan Muslim dalam kitab Fadhaailush Shahaabah, bab Fadhli ‘Aisyah Radhiyallahu anha, (hadits no. 2446).
[21] As-Samthuts Tsamiin fii Manaaqib Ummahaatil Mu-miniin, karya Abul ‘Abbas Ahmad ath-Thabari, (hal. 90).
[22] Al-Ishaabah fii Tamyiizish Shahaabah, (VIII/155). Ini adalah ucapan ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma mengenai Zainab Radhiyallahu anhuma.
[23] Siyar A’laamin Nubalaa’, (II/217).
[24] HR. Al-Bukhari dalam kitab at-Tahajjud bab Maa Yukrahu fit Tasydiidi fil Ibaadah, (hadits no. 1150) dan Muslim dalam kitab Shalaatil Musaafiriin, bab Amri man Na’isa fii Shalaa-tihi… (hadits no. 784).

  1. Home
  2. /
  3. A9. Fiqih Ibadah3 Shalat...
  4. /
  5. Keadaan Para Sahabat Radhiyallahu...