Fidyah Diberikan Kepada Satu Orang Miskin

TIDAK MENGAPA MEMBERIKAN FIDYAH SEMUANYA KEPADA SATU ORANG

Pertanyaan
Apakah diperbolehkan orang yang tidak mampu berpuasa memberi makan kepada satu orang miskin selama 30 hari atau memberi makan 30 orang miskin dalam satu hari?

Jawaban
Alhamdulillah.

Orang yang tidak mampu berpuasa, dimana ketidak mampuannya itu terus berlanjut. Maka diharuskan memberi makanan satu orang miskn untuk setiap harinya yang dia berbuka. Berdasarkan firman Allah Ta’ala:

  وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ

Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin.” [Al-Baqarah/2:184]

Abdullah bin Abbas Radhiallahu’anhuma mengatakan,

ليسَتْ بمنسوخةٍ، هو الشَّيخُ الكبيرُ، والمرأةُ الكبيرةُ لا يستطيعانِ أن يصوما، فيُطعِمانِ مكانَ كُلِّ يومٍ مِسكينًا

“(Ayat ini) tidak dihapus. Ia untuk orang tua renta, nenek yang tidak mampu berpuasa, maka keduanya memberi makan untuk setiap harinya seorang miskin.” [HR. Bukhori, 4505]

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata, “Tata cara memberi makan itu ada dua cara, pertama, memasak makanan dan mengundang orang miskin sesuai hari yang ada tanggungan. Sebagaimana yang dilakukan oleh Anas bin Malik laksanakan ketika beliau tua.

Cara kedua, memberi bahan makanan yang belum di masak.” Selesai ‘As-Syarkh Al-Mumti’, (6/335).

Sementara memberi makan orang miskin satu untuk tiga puluh hari, kebanyakan ahli ilmu dengan tegas (nash) memperbolehkan. Dan ini adalah madzhab Syafiiyah, Hanabilah dan sekelmpok dari Malikyah. Dalam ‘Al-Inshof, (3/291): “Diperbolehkan memberikan (makanan) kepada satu orang miskin sekaligus.” [Silahkan melihat ‘Tuhfatul Muhtaj, 3/446. Kasyaful Qana’, 2/313]

Telah ada dalam ‘Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah, 10/198, “Kapanpun para dokter menvonis bahwa sakit yang anda keluhkan itu tidak mampu untuk dibuat berpuasa – dan tidak ada harapan kesembuha-, maka anda harus memberi makan satu orang untuk satu hari setengah sha’ dari makanan Negara anda baik berupa kurma atau lainnya. Kalau anda memberi makan malam atau makan siang sejumlah hari yang anda berbuka, hal itu sudah mencukupi.”

Baca Juga  Zakat Fithri Mengikuti Orang Dimana Berada

Dari sini anda ketahui bahwa memberi makan satu orang miskin selama tiga puluh hari atau mengumpulkan 30 orang miskin dengan sekali makan itu diperbolehkan.

Wallahu’alam.

Disalin dari islamqa

  1. Home
  2. /
  3. A9. Fiqih Ibadah5 Puasa...
  4. /
  5. Fidyah Diberikan Kepada Satu...