Perkara-Perkara yang Menghalangi Taubat

PERKARA-PERKARA YANG MENGHALANGI TAUBAT

1. Melakukan bid’ah di dalam agama.1
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللهَ اِحْتَجَزَ التَّوْبَةَ عَنْ صَاحِبِ كُـلِّ بِدْعَةٍ.

Sesungguhnya Allah akan menghalangi taubat dari semua pelaku bid’ah.”2

2. Kecanduan khamr
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ شَرِبَ اْلخَمْرَ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاَةٌ أَرْبَعِيْنَ صَبَاحًا فَإِنْ تَابَ، تَابَ اللهُ عَلَيْهِ، فَإِنْ عَادَ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاَةٌ أَرْبَعِيْنَ صَبَاحًا، فَإِنْ تَابَ تَابَ اللهُ عَلَيْهِ فَإِنْ عَادَ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاَةٌ أَرْبَعِيْنَ صَبَاحًا، فَإِنْ تَابَ تَابَ اللهُ عَلَيْهِ فَإِنْ عَادَ فِي الرَّابِعَةِ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاَةٌ أَرْبَعِيْنَ صَبَاحًا، فَإِنْ تَابَ لَمْ يَتُبِ اللهُ عَلَيْهِ وَسَقَاهُ مِنْ نَهْرِ الْخَبَالِ.

Barangsiapa yang meminum khamr, maka tidak diterima baginya shalat selama 40 hari. Jika ia bertaubat, maka Allah akan menerimanya. Jika ia mengulanginya lagi, maka tidak diterima baginya shalat selama 40 hari. Jika ia bertaubat, maka Allah akan menerimanya, jika ia mengulanginya lagi, maka tidak diterima baginya shalat selama 40 hari. Jika ia bertaubat, maka Allah akan menerimanya, jika ia mengulanginya lagi untuk keempat kalinya, maka tidak diterima baginya shalat selama 40 hari. Jika ia bertaubat lagi, maka Allah tidak menerima taubatnya dan Allah memberinya minum dari sungai Khabl.”3

[Disalin dari buku Luasnya Ampunan Allah”  Terjemahan dari kitab at-Taubah an-Nashuuh fii Dhau-il Qur-aan al-Kariim wal Ahaa-diits ash-Shahiihah,  Ditulis oleh Syaikh Salim bin ‘Ied al-Hilali hafizhahullaah, Penerjemah Ruslan Nurhadi, Lc. Penerbit Pustaka Ibnu Katsir]
_____
Footnote
1 Untuk lebih jelasnya lihat pada tulisanku yang berjudul al-Bid’ah wa Atsaruhas Sayyi’ fil Ummah, cet. Al-Maktabah al-Islamiyyah.
2 Lihat Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah (no. 1620) dari hadits Anas z.
3 Yaitu sungai yang berisi keringat dan nanah penghuni Ne-raka, sebagaimana penafsiran yang datang dari riwayat yang Shahih dari Ahmad (II/35,189) dan Al Hakim (IV/146).

Baca Juga  Perkara-perkara yang Harus Diingat Sebelum Bertaubat
  1. Home
  2. /
  3. A6. Wajibnya Taubat Nasuha
  4. /
  5. Perkara-Perkara yang Menghalangi Taubat