Adab Berpakaian
ADAB BERPAKAIAN
Fungsi Pakaian.
Sebagai hiasan, sebagaimana firman Allah :
يَٰبَنِيٓ ءَادَمَ خُذُواْ زِينَتَكُمۡ عِندَ كُلِّ مَسۡجِدٖ [الاعراف: ٣١]
Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid. [Al A’raaf/7 : 31].
Menutupi aurat, sebagaimana firman Allah:
يَٰبَنِيٓ ءَادَمَ قَدۡ أَنزَلۡنَا عَلَيۡكُمۡ لِبَاسٗا يُوَٰرِي سَوۡءَٰتِكُمۡ وَرِيشٗاۖ وَلِبَاسُ ٱلتَّقۡوَىٰ ذَٰلِكَ خَيۡرٞۚ ذَٰلِكَ مِنۡ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ لَعَلَّهُمۡ يَذَّكَّرُونَ [الاعراف: ٢٦]
Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.[Al A’raaf/7 : 26]
Melindungi tubuh dari terik panas dan dingin, sebagaimana firman Allah:
وَجَعَلَ لَكُمۡ سَرَٰبِيلَ تَقِيكُمُ ٱلۡحَرَّ وَسَرَٰبِيلَ تَقِيكُم بَأۡسَكُمۡۚ كَذَٰلِكَ يُتِمُّ نِعۡمَتَهُۥ عَلَيۡكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تُسۡلِمُونَ [النحل: ٨١]
dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. [An Nahl/16: 81]
Pakaian yang Disyariatkan Allah untuk Anak Adam.
Allah Taala berfirman:
يَٰبَنِيٓ ءَادَمَ قَدۡ أَنزَلۡنَا عَلَيۡكُمۡ لِبَاسٗا يُوَٰرِي سَوۡءَٰتِكُمۡ وَرِيشٗاۖ وَلِبَاسُ ٱلتَّقۡوَىٰ ذَٰلِكَ خَيۡرٞۚ ذَٰلِكَ مِنۡ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ لَعَلَّهُمۡ يَذَّكَّرُونَ [الاعراف: ٢٦]
Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.[Al A’raaf/7 : 26]
Allah Taala berfirman:
قُلۡ مَنۡ حَرَّمَ زِينَةَ ٱللَّهِ ٱلَّتِيٓ أَخۡرَجَ لِعِبَادِهِۦ وَٱلطَّيِّبَٰتِ مِنَ ٱلرِّزۡقِۚ قُلۡ هِيَ لِلَّذِينَ ءَامَنُواْ فِي ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَا خَالِصَةٗ يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِۗ كَذَٰلِكَ نُفَصِّلُ ٱلۡأٓيَٰتِ لِقَوۡمٖ يَعۡلَمُونَ [الاعراف: ٣٢]
Katakanlah: “Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rezki yang baik?” Katakanlah: “Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat.” Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui. [Al A’raaf/7 : 32]
Pakain yang Afdhal.
عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: قال رسول الله- صلى الله عليه وسلم-: «البِسُوا مِنْ ثِيَابِكُمُ البَيَاضَ فَإنَّهَا خَيْرُ ثِيَابِكُمْ، وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوتَاكُمْ». أخرجه أبو داود وابن ماجه.
Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu `anhuma, Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda : “Kenakanlah pakaian kalian yang berwarna putih, karena sesungguhnya itu pakaian kalian yang paling baik dan kafankan jenazah kalian dengannya ( kain berwarna putih )”. HR Abu Daud dan Ibnu Majah. [1]
عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال: كَان أَحَبُّ الثِّيَابِ إلَى النَّبِيِّ- صلى الله عليه وسلم- أَنْ يَلْبسَهَا الحِبَرَةُ. متفق عليه.
Dari Anas bin Malik radhiyallahu `anhu , ia berkata ,” Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam paling suka memakai pakaian Hibarah ( yaitu: pakaian yang terbuat dari katun dan bermotif ). Muttafaq alaih . [2]
عن أم سلمة رضي الله عنها قالت: كَانَ أَحَبُّ الثِّيَابِ إلَى رَسُولِ الله- صلى الله عليه وسلم- القَمِيصَ. أخرجه أبو داود والترمذي.
Dari Ummi Salamah radhiyallahu `anha, ia berkata : “Pakaian yang paling disukai Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam adalah gamis”. HR Abu Daud dan Ibnu Majah. [3]
Posisi kain sarung/izar untuk pria dan wanita.
عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال: قال رسول الله- صلى الله عليه وسلم-: «إزْرَةُ المُسْلِمِ إلَى نِصْفِ السَّاقِ، وَلا حَرَجَ أَوْ لا جُنَاحَ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الكَعْبَينِ، مَا كَانَ أَسْفَلَ مِنَ الكَعْبَينِ فَهُوَ فِي النَّارِ، مَنْ جَرَّ إزَارَهُ بَطَراً لَمْ يَنْظُرِ الله إلَيهِ».. أخرجه أبو داود وابن ماجه
Dari Abu Sa’id Al Khudri Radhiyallahu `anhu, ia berkata : “Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda : “Sarung seorang muslim hingga pertengahan betis dan tidak mengapa (atau tidak berdosa) di antara pertengahan betis dan mata kaki, sedangkan di bawah mata kaki maka tempatnya adalah neraka, barangsiapa yang mengulurkan sarungnya karena sombong, Allah tidak akan melihat kepadanya”. HR Abu Daud dan Ibnu Majah. [4]
عن ابن عمر رضي الله عنهما قال: قال رسول الله- صلى الله عليه وسلم-: «مَنْ جَرَّ ثَوبَهُ خُيلاءَ لَمْ يَنْظُرِ الله إلَيهِ يَومَ القِيَامَةِ»، فَقَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ: فَكَيْفَ يَصْنَعْنَ النِّسَاءُ بِذُيُولِهِنَّ قَالَ: «يُرخِينَ شِبْرًا»، فَقَالَتْ: إذاً تَنْكَشِفُ أَقْدَامُهُنَّ، قَالَ: «فَيُرْخِينَهُ ذِرَاعاً لا يَزِدْنَ عَلَيهِ». أخرجه الترمذي والنسائي.
Dari Ibnu Umar Radhiyallahu `anhuma, ia berkata : “Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda : “Siapa yang mengulurkan pakaiannya karena sombong, Allah tidak akan melihat kepadanya di hari kiamat”, Ummu Salamah berkata : “Apa yang harus dilakukan perempuan dengan ujung abayanya?”, beliau bersabda : “Ulurkan sejengkal”, ia berkata : “Kalau begitu tapak kakinya akan tersingkap”, ia bersabda : “Maka hendaklah ulurkan sehasta dan jangan ditambah”. HR Tarmizi dan Nasa’i. [5]
Ancaman untuk orang yang menjulurkan kainnya.
عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما عن النبي- صلى الله عليه وسلم- قال: «الإسْبَالُ فِي الإزَارِ وَالقَمِيصِ وَالعِمَامَةِ مَنْ جَرَّ مِنْهَا شَيئاً خُيَلاءَ لَمْ يَنْظُرِ الله إلَيهِ يَومَ القِيَامَةِ». أخرجه أبو داود والنسائي
Dari Ibnu Umar Radhiyallahu `anhuma, dari Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam, ia bersabda : “Mengulurkan sarung, gamis, sorban, siapa yang mengulurkannya karena sombong, di hari kiamat Allah tidak akan melihat kepadanya”. HR Abu Daud dan Nasa’i. [6]
عن أبي ذر رضي الله عنه عن النبي- صلى الله عليه وسلم- قال: «ثَلاثَةٌ لا يُكَلِّمُهُمُ الله يَومَ القِيَامَةِ وَلا يَنْظُرُ إلَيهِمْ وَلا يُزَكِّيهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ» قَالَ: فَقَرَأَهَا رَسُولُ الله- صلى الله عليه وسلم- ثَلاثَ مِرَارٍ. قَالَ أَبُو ذَرٍّ: خَابُوا وَخَسِرُوا مَنْ هُمْ يَا رَسُولَ الله؟ قَالَ: «المُسْبِلُ وَالمَنَّانُ وَالمُنَفِّقُ سِلعَتَهُ بِالحَلَفِ الكَاذِبِ». أخرجه مسلم
Dari Abu Dzar Radhiyallahu `anhu , dari Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam, ia bersabda : “Tiga golongan yang tidak diajak Allah bicara di hari kiamat, Allah tidak melihat kepada mereka, tidak mensucikan mereka, serta bagi mereka azab yang pedih”, Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam mengulanginya tiga kali, lalu Abu Dzar berkata : “Mereka adalah orang yang kecewa lagi merugi, siapakah mereka wahai Rasulullah?”, ia bersabda: “Orang yang menjulurkan kainnya (melebihi mata kaki), orang yang menyebut-nyebut sedekahnya, orang yang yang menjual barang dagangannya dengan sumpah dusta”. HR. Muslim. [7]
عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي- صلى الله عليه وسلم- قال: «مَا أَسْفَلَ مِنَ الكَعْبَينِ مِنَ الإزَارِ فَفِي النَّارِ». أخرجه البخاري
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu `anhu, dari Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam, ia bersabda : “Pakaian yang terjulur melebihi mata kaki maka tempatnya dalam neraka”. HR. Bukhari. [8]
Pakaian dan Hamparan yang Dilarang:
عن عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال: قال رسول الله- صلى الله عليه وسلم-: «لا تَلْبَسُوا الحَرِيرَ فَإنَّهُ مَنْ لَبِسَهُ فِي الدُّنْيَا لَمْ يَلْبَسْهُ فِي الآخِرَةِ». متفق عليه.
Dari Umar bin Khattab radhiyallahu `anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda : Jangan kalian memakai sutera, karena siapa yang memakainya di dunia tidak akan memakainya di akhirat“. Muttafaq ’alaih. [9]
عن أبي موسى الأشعري رضي الله عنه أن رسول الله- صلى الله عليه وسلم- قال: «حُرِّمَ لِبَاسُ الحَرِيرِ وَالذَّهَبِ عَلَى ذُكُورِ أُمَّتِي وَأُحِلَّ لإنَاثِهِمْ». أخرجه الترمذي والنسائي.
Dari Abu Musa Al Asy’ary Radhiyallahu `anhu bahwa Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda : pakaian sutera dan emas diharamkan kepada kaum pria umatku dan dihalalkan untuk kaum wanita“. HR Tarmizi dan Nasa’i. [10]
عن البراء رضي الله عنه قال: أَمَرَنَا النَّبِيُّ- صلى الله عليه وسلم- بِسَبْعٍ: عِيادَةِ المَرِيضِ، وَاتِّبَاعِ الجَنَائِزِ، وَتَشْمِيتِ العَاطِسِ، وَنَهَانَا عَنْ لُبْسِ الحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ وَالقَسِّيِّ وَالاسْتَبْرَقِ وَالمَيَاثِرِ الحُمْرِ. متفق عليه
Dari Baraa` bin `Azib Radhiyallahu `anhu, Ia berkata : “Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam memerintahkan kami 7 perkara: menjenguk yang sakit, ikut menyelenggarakan jenazah, menjawab yang bersin … Dan melarang kami : memakai sutera, sutera yang kasar dan membuat pelana keledai dari sutera” Muttafaq ’alaih . [11]
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله- صلى الله عليه وسلم-: «صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا. قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ البَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ، وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاتٌ مَائِلاتٌ، رُؤُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ البُخْتِ المَائِلَةِ، لا يَدْخُلْنَ الجَنَّةَ، وَلا يَجِدْنَ رِيحَهَا، وَإنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا». أخرجه مسلم.
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu `anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda : “Dua golongan penghuni Neraka yang belum saya temui: suatu kaum yang selalu membawa cemeti seperti ekor sapi untuk memukul orang, wanita yang berpakaian tapi telanjang, cenderung tidak ta’at, berjalan lenggak-lenggok, rambut mereka seperti punuk onta, mereka tidak akan masuk syurga dan tidak akan mencium bau syurga padahal bau syurga tercium dari jarak sekian” HR Muslim. [12]
عن عبد الله بن عمرو بن العاص رضي الله عنهما قال: رَأَى رَسُولُ الله- صلى الله عليه وسلم- عَلَيَّ ثَوبَينِ مُعَصْفَرَينِ فَقَالَ: «إنَّ هَذِهِ مِنْ ثِيَابِ الكُفَّارِ فَلا تَلْبَسْهَا» أخرجه م
Dari Abdullah bin Amru bin ‘Ash Radhiyallahu `anhu., ia berkata, “Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam melihatku memakai dua pakaian mu’ashfar ( diwarnai dengan sejenis tumbuh-tumbuhan yang bernama: ‘Ashfar ) , lalu ia bersabda : “Sesungguhnya ini pakaian orang kafir, janganlah engkau memakainya”. HR. Muslim. [13]
عن حذيفة رضي الله عنه قال: نَهَانَا النَّبِيُّ- صلى الله عليه وسلم- أَنْ نَشْرَبَ فِي آنِيَةِ الذَّهَبِ وَالفِضَّةِ، وَأَنْ نَأْكُلَ فِيهَا، وَعَنْ لُبْسِ الحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ وَأَنْ نَجْلِسَ عَلَيهِ. أخرجه البخاري.
Dari Khuzaifah Radhiyallahu `anhu, ia berkata : “Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam melarang kami minum dari bejana emas dan perak dan menggunakannya untuk makan juga melarang kami memakai sutera dan kain tenun sutera serta duduk di atasnya”. HR. Bukhari. [14]
عن أبي المليح عن أبيه أن رَسُول اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم- نهى عن جلود السباع. رواه أبو داود والترمذي.
Dari Abi Al Malih dari bapaknya, bahwa Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam melarang (menggunakan) kulit binatang buas”. HR Abu Daud dan Tarmizi. [15]
Tidak boleh memakai pakaian yang bergambar salib , atau gambar yang bernyawa atau pakaian untuk dipuji.
Ξ Sikap Berjalan dan Berpakain yang Terlarang
[Disalin dari مختصر الفقه الإسلامي (Ringkasan Fiqih Islam Bab : Fiqih Al-Qur’an dan Sunnah (Keutamaan Amal, Adab, Dzikir dan Doa-Doa) فقه القرآن والسنة في الفضائل والأخلاق والآداب والأذكار والأدعية ). Penulis Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri Penerjemah Team Indonesia islamhouse.com : Eko Haryanto Abu Ziyad dan Mohammad Latif Lc. Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah. IslamHouse.com 2012 – 1433]
_______
Footnote
[1] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 4061 dan Ibnu Majah no hadist : 1472.
[2] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 5813 dan Muslim no hadist : 2079.
[3] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 4025 dan Ibnu Majah no hadist : 3575.
[4] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 4093 dan Ibnu Majah no hadist : 3573.
[5] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Tirmizi no hadist : 1731 dan Nasa’i no hadist : 5336.
[6] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 4094 dan Nasa’i no hadist : 5334.
[7] Diriwayatkan oleh Muslim no hadist : 106.
[8] Diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 5787.
[9] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 5834 dan Muslim no hadist : 2069.
[10] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Tirmizi no hadist : 1720 dan Nasa’i no hadist : 5265.
[11] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 5849 dan Muslim no hadist : 2066.
[12] Diriwayatkan oleh Muslim no hadist : 106.
[13] Diriwayatkan oleh Muslim no hadist : 2077.
[14] Diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 2077.
[15] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 4132 dan Tirmizi no hadist : 1770.
- Home
- /
- A8. Ringkasan Fiqih Islam...
- /
- Adab Berpakaian