Anjuran Makan Secara Bersama
ADAB MAKAN DAN MINUM
Anjuran makan secara bersama.
عن وَحْشِيُّ بْنُ حَرْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ : أَنَّ أَصْحَابَ رَسُول اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم– قالوا: يا رَسُول اللَّهِ! إِنَّا نَأْكُلُ وَلَا نَشْبَعُ، قال: (فَلَعَلَّكُمْ تَفْتَرِقُونَ) قالوا: نعم. قال: (فَاجْتَمِعُوا عَلَى طَعَامِكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ يُبَارَكْ لَكُمْ فِيهِ) رواه أبو داود وابن ماجه.
Dari Wahsyi bin Harb, dari bapaknya, dari kakeknya bahwa para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami makan tetapi kami tidak kenyang”, beliau bersabda: “Kemungkianan kalian makan secara berpisah-pisah”, mereka berkata: “Benar”, lalu beliau bersabda: “Makanlah secara bersama atau kumpulkan makanan kalain dalam satu nampan, kemudian makanlah bersama, lalu ucapkan bismillah, niscaya makanan kalian akan diberkahi”. HR Abu Daud dan Ibnu Majah. [1]
Memuliakan tamu dan menjamunya dengan sendiri.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
هَلۡ أَتَىٰكَ حَدِيثُ ضَيۡفِ إِبۡرَٰهِيمَ ٱلۡمُكۡرَمِينَ ٢٤ إِذۡ دَخَلُواْ عَلَيۡهِ فَقَالُواْ سَلَٰمٗاۖ قَالَ سَلَٰمٞ قَوۡمٞ مُّنكَرُونَ ٢٥ فَرَاغَ إِلَىٰٓ أَهۡلِهِۦ فَجَآءَ بِعِجۡلٖ سَمِينٖ ٢٦ فَقَرَّبَهُۥٓ إِلَيۡهِمۡ قَالَ أَلَا تَأۡكُلُونَ [الذاريات: ٢٤، ٢٧]
“Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tentang tamu Ibrahim (yaitu malaikat-malaikat) yang dimuliakan? (Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: “Salaamun”. Ibrahim menjawab: “Salaamun (kamu) adalah orang-orang yang tidak dikenal.” Maka dia pergi dengan diam-diam menemui keluarganya, kemudian dibawanya daging anak sapi gemuk. Lalu dihidangkannya kepada mereka. Ibrahim lalu berkata: “Silahkan anda makan.” [Az Dzariyat/51: 24-27]
عن أبي شريح الكعبي رضي الله عنه أن رَسُول اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم– قال: (مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ جَائِزَتَهُ) قالوا: وَمَا جَائِزَتُهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ! قال: (يَوْمُهُ وَلَيْلَتُهُ وَالضِّيَافَةُ ثَلَاثَةُ أَيَّامٍ فَمَا كَانَ وَرَاءَ ذَلِكَ فَهُوَ صَدَقَةٌ عَلَيْهِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.
Dari Abi Syuraih Radhiyallahu anhu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya selama hari istimewa”, para sahabat berkata: “Apa hari istimewa itu wahai Rasulullah?”, beliau bersabda: “Sehari semalam, sedangkan menjamu tamu selama tiga hari, lebih dari itu adalah sedekah untuk tuan rumah”. Muttafaq ’alaih.[2]
Sikap duduk saat makan.
عن أبي جُحَيفة رضي الله عنه قال: قال رسول الله- صلى الله عليه وسلم-: «إنِّي لا آكُلُ مُتَّكِئاً». أخرجه البخاري..
Dari Abu Juhaifah Radhiyallahu anhu berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Aku tidak pernah makan dalam keadaan duduk bertelekan”. HR. Bukhari . [3]
عن أنس رضي الله عنه قال: رأيت رَسُول اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم-جَالِسًا مُقْعِيًا يَأْكُلُ تمْرًا. رَوَاهُ مُسلِمٌ
Dari Anas Radhiyallahu anhu berkata: “Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam duduk iqa’a (yaitu dengan menempelkan pantat ke lantai dan menegakkan dua betisnya) pada saat makan kurma”. HR. Muslim. [4]
عن عبد اللَّه بن بسر رضي الله عنه قال: أَهْدَيْتُ لِلنَّبِيِّ – صلى الله عليه وسلم– شَاةً فَجَثَا رَسُول اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم- عَلَى رُكْبَتَيْهِ يَأْكُلُ. قَالَ أَعْرَابِيٌّ: مَا هَذِهِ الْجِلْسَةُ؟ فقال رَسُول اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم–: (إِنَّ اللَّهَ جَعَلَنِي عَبْدًا كَرِيمًا وَلَمْ يَجْعَلْنِي جَبَّارًا عَنِيدًا) رواه أبو داود وابن ماجه.
Dari Abdullah bin Busur Radhiyallahu anhu berkata: “Di hadiahkan kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam daging kambing maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam duduk berlutut, seorang Arab Badui berkata: “Duduk apakah ini?”, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah telah menjadikanku seorang hamba yang mulia dan tidak menjadikanku seorang sombong lagi pembangkang”. H.R. Abu Daud dan Ibnu Majah.[5]
Cara makan orang yang sibuk:
عن أنس رضي الله عنه قال: أُتي رسول الله- صلى الله عليه وسلم- بِتَمْرٍ، فَجَعَلَ النَّبِيُّ- صلى الله عليه وسلم- يَقْسِمُهُ وَهُوَ مُحْتَفِزٌ، يَأْكُلُ مِنْهُ أَكْلًا ذَرِيعًا. وفي رواية: أكلاً حثيثاً. أخرجه مسلم
Dari Anas Radhiyallahu anhu berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dihadiahi kurma, lalu beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam membaginya dengan terburu-buru dan memakan sebagiannya dengan tergesa-gesa”. H.R. Muslim .[6]
Menutup bejana dan menyebut Asma Allah sebelum tidur.
عن جابر رضي الله عنه أن رسول الله- صلى الله عليه وسلم- قال…-وفيه-: «وَأَغْلِقْ بَابَكَ وَاذْكُرِ اسْمَ الله، وَأطْفِئْ مِصْبَاحَكَ وَاذْكُرِ اسْمَ الله، وَأَوكِ سِقَاءَكَ وَاذْكُرِ اسْمَ الله، وَخَمِّرْ إنَاءَكَ وَاذْكُرِ اسْمَ الله وَلَو تَعْرُضُ عَلَيهِ شَيْئاً». متفق عليه.
Dari Jabir Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: … tutuplah pintumu dan sebutlah nama Allah, matikanlah lampumu dan sebutlah nama Allah, tutuplah bejana airmu dan sebutlah nama Allah dan tutuplah bejana makananmu dan sebutlah nama Allah, sekalipun hanya sekedar dengan meletakkan sesuatu yang melintang di atasnya. Muttafaq alaih .[7]
Makan bersama pembantu.
عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي – صلى الله عليه وسلم- قال: (إذَا أَتَى أَحَدَكُمْ خَادِمُهُ بِطَعَامِهِ؛ فَإنْ لَمْ يُجْلِسْهُ مَعَهُ، فَلْيُنَاوِلْهُ لُقْمَةً أَوْ لُقْمَتَينِ -أو أُكْلَةً أَوْ أُكْلَتَينِ- ؛فَإنَّه وَلِيَ عِلاجَهُ) رَوَاهُ البُخَارِيُّ
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila pelayan membawa makanan untuk salah seorang di antara kalian dan dia tidak mau duduk bersamanya maka berilah dia satu suap atau dua suap makanan karena sesungguhnya dialah yang telah membuatnya”. Muttafaq alaih .[8]
Apabila masuk waktu Isya, hendaklah tidak terburu-buru menyelesaikan makan malam.
عن أنس بن مالك رضي الله عنه عن النبي- صلى الله عليه وسلم- قال: «إذَا وُضِعَ العَشاءُ وَأُقِيمَتِ الصَّلاةُ فَابْدَؤُوا بِالعَشاءِ». متفق عليه.
Dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila makan malam telah dihidangkan dan waktu shalat Isya telah masuk maka mulailah makan malam terlebih dahulu”. Muttafaq alaih . [9]
Cara makan memakai nampan.
عن ابن عباس رضي الله عنهما عن النبي – صلى الله عليه وسلم- قال: ((إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ طَعَامًا فَلاَ يَأْكُلْ مِنْ أَعْلَى الصَّحْفَةِ وَلَكِنْ لِيَأْكُلْ مِنْ أَسْفَلِهَا فَإِنَّ الْبَرَكَةَ تَنْزِلُ مِنْ أَعْلاَهَا)) أخرجه أبو داود وابن ماجه.
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu `anhuma dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila salah seorang diantara kalian makan, maka janganlah dia makan dari atas nampan, tetapi mulailah makan dari bawah, karena keberkahan turun dari atas nampan”. H.R. Abu Daud dan Ibnu Majah. [10]
Yang harus diucapkan dan dilakukan apabila makan atau minum susu.
عن ابن عباس رضي الله عنهما … أن رسول الله – صلى الله عليه وسلم- قال: ((إذا أكل أحدكم طعاما فليقل: اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ، وإذا سقي لبنا فليقل: اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْهِ وَزِدْنَا مِنْهُ، فإنه ليس شيء يجزئ من الطعام والشراب إلا اللبن)) أخرجه أبو داود والترمذي.
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu `anhuma bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian telah selesai makan makanan maka ucapkanlah:
اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ
“Ya Allah! Berilah kami berkah dengan makan ini dan berilah makanan yang lebih baik darinya”. Dan apabila diberi rezeki berupa minuman susu, hendaklah dia membaca:
اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْهِ وَزِدْنَا مِنْهُ
“Ya Allah! Berilah kami berkah padanya dan tambahkanlah makanan itu kepada kami”. Karena sesungguhnya tidak ada sesuatu apappun dari makan dan minum yang (gizinya) lengkap selain susu”. H.R. Abu Daud dan Tirmizi. [11]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنهما أنَّ النَّبِيَّ- صلى الله عليه وسلم- شَرِبَ لَبَنًا، ثُمَّ دَعَا بِمَاءٍ فَتَمَضْمَضَ وَقَالَ: «إنَّ لَهُ دَسَمًا». متفق عليه.
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu `anhuma bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam minum susu kemudian meminta air untuk berkumur-kumur, seraya bersabda: “Sesungguhnya susu itu mengandung lemak“. muttafaq alaih .[12]
Doa setelah selesai makan.
عن معاذ بن أنس رضي الله عنهما أن النبي – صلى الله عليه وسلم- قال: ((من أكل طعاما ثم قال: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنِيْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ غفر له ما تقدم من ذنبه)) أخرجه أبو داود.
Dari Mu’az bin Anas radhiyallahu `anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Barangsiapa yang selesai makan lalu mengucapkan:
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنِيْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ
“Segala puji bagi Allah Yang memberi makan ini kepadaku dan Yang memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku.” Niscaya diampuni dosanya yang telah berlalu. H.R. Abu Daud.[13]
عن أبي أمامة رضي الله عنه أن النبي- صلى الله عليه وسلم- كَانَ إذَا رَفَعَ مَائِدَتَهُ قَالَ: «الحَمْدُ للهِ كَثِيراً طَيِّباً مُبَارَكاً فِيهِ غَيْرَ مَكْفِيٍّ وَلا مُوَدَّعٍ وَلا مُسْتَغْنَىً عَنْهُ رَبَّنَا». أخرجه البخاري.
Dari Abu Umamah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila mengangkat jamuannya (setelah selesai makan) maka beliau mengucapkan doa:
الْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْراً طَيِّباً مُبَارَكاً فِيْهِ غَيْرَ مَكْفِيٍّ وَلاَ مُوَدِّعٍ وَلاَ مُسْتَغْنىً عَنْهُ رَبَّنَا
“Segala puji bagi Allah, pujian yang banyak, baik lagi diberkahi, tidak ada yang mencukupi dan tidak ada yang membalas, dan tidak ada yang dapat berlepas diri dari-Nya wahai Rabb kami”. HR. Bukhari. [14]
عن أبي أيوب الأنصاري رضي الله عنه قال: كَانَ رَسُولُ الله- صلى الله عليه وسلم- إذَا أَكَلَ أَوْ شَرِبَ قَالَ: «الحَمْدُ للهِ الَّذِي أَطْعَمَ وَسَقَى وَسَوَّغَهُ وَجَعَلَ لَهُ مَخْرَجا . أخرجه أبو داود.
Dari Abu Ayyub Al Anshari Radhiyallahu anhu berkata: Apabila Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai makan dan minum beliau mengucapkan:
الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَ وَسَقَى وَسَوَّغَهُ وَجَعَلَ لَهُ مَخْرَجًا
Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum dan menjadikannya nikmat dan jalan keluar”. H.R. Abu Daud. [15]
عن أنس رضي الله عنه قال : قال رَسُول اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم-: (إن اللَّه ليرضى عن العبد يأكل الأكلة؛ فيحمده عليها، ويشرب الشربة؛ فيحمده عليها) رَوَاهُ مُسلِمٌ.
Dari Anas Radhiyallahu anhu berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah ridha terhadap seorang hamba yang memakan makanan lalu dia memuji Allah atasnya atau dia meneguk suatu minuman dan dia memuji Allah Subhanahu wa Ta’ala atasnya”. HR. Muslim. [16]
اللَّهُمَّ أَطْعَمْتَ وَأَسْقَيْتَ وَأَغْنَيْتَ وَأَقْنَيْتَ وَهَدَيْتَ وَأَحْيَيْتَ ، فَلَكَ الحَمْدُ عَلَى مَا أَعْطَيْتَ. أخرجه أحمد.
Ya Allah Engkau telah memberi makan dan minum, telah memberi kekayaan serta kecukupan, telah memberi hidayah dan kehidupan, hanya untuk-Mu segala pujian atas nikmat yang Engkau berikan. H.R. Ahmad. [17]
عن أنس رضي الله عنه قال : قال رَسُول اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم- : ((مَا أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَى عَبْدٍ نِعْمَةً فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ إِلَّا كَانَ الَّذِي أَعْطَاهُ أَفْضَلَ مِمَّا أَخَذَ)) أخرجه ابن ماجه.
Dari Anas Radhiyallahu anhu berkata: “Rasulullah `Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah seorang hamba diberi nikmat oleh Allah lalu dia mengucapkan: Alhamdulillah, melainkan apa yang diberikan kepadanya lebih baik daripada yang diambilnya“. H.R. Ibnu Majah. [18]
Waktu tamu masuk dan keluar.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تَدۡخُلُواْ بُيُوتَ ٱلنَّبِيِّ إِلَّآ أَن يُؤۡذَنَ لَكُمۡ إِلَىٰ طَعَامٍ غَيۡرَ نَٰظِرِينَ إِنَىٰهُ وَلَٰكِنۡ إِذَا دُعِيتُمۡ فَٱدۡخُلُواْ فَإِذَا طَعِمۡتُمۡ فَٱنتَشِرُواْ وَلَا مُسۡتَٔۡنِسِينَ لِحَدِيثٍۚ [الاحزاب : ٥٣]
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah- rumah Nabi kecuali bila kamu diizinkan untuk makan dengan tidak menunggu-nunggu waktu masak (makanannya, tetapi jika kamu diundang maka masuklah dan bila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa asyik memperpanjang percakapan”.[Al-Ahzab/33: 53] .
Doa tamu untuk tuan rumah.
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ. أخرجه مسلم.
Ya Allah, berkahi rezki yang telah Engkau berikan kepada mereka, ampuni dosa mereka dan kasihi mereka . H.R. Muslim . [19]
عن أنس رضي الله عنه أن النبي- صلى الله عليه وسلم- جاء إلى سعد بن عبادة فجاء بخبز وزيت فأكل ثم قال النبي- صلى الله عليه وسلم-: أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُونَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ الأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيكُمُ المَلائِكَةُ. أخرجه أبو داود وابن ماجه.
Dari Anas Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi Sa’ad bin Ubadah Radhiyallahu anhu lalu Sa’ad menghidangkan roti dan minyak, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam makan kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan:
أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ الْأَبْرَارُ وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ
Orang yang berpuasa telah berbuka di sisi kalian, makanan kalian telah disantap oleh orang-orang yang baik dan para malaikat berdo’a untuk kalian. HR. Abu Daud dan Ibnu Majah. [20].
Doa yang diucapkan untuk orang yang memberi minuman:
اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَأَسْقِ مَنْ أَسْقَانِي. أخرجه مسلم.
Ya Allah, berilah makan kepada orang yang memberiku makan dan berilah minum kepada orang yang telah memberiku minum. H.R. Muslim[21]
[Disalin dari مختصر الفقه الإسلامي (Ringkasan Fiqih Islam Bab : Fiqih Al-Qur’an dan Sunnah (Keutamaan Amal, Adab, Dzikir dan Doa-Doa) فقه القرآن والسنة في الفضائل والأخلاق والآداب والأذكار والأدعية ). Penulis Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri Penerjemah Team Indonesia islamhouse.com : Eko Haryanto Abu Ziyad dan Mohammad Latif Lc. Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah. IslamHouse.com 2012 – 1433]
_______
Footnote
[1] Hadist hasan diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 3764 dan Ibnu Majah no hadist 3286.
[2] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist 6135 dan Muslim no hadist :48.
[3] Diriwayatkan oleh Bukhari no hadist 5398.
[4] Diriwayatkan oleh Muslim no hadist 2044.
[5] Hadist hasan diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 3764 dan Ibnu Majah no hadist 3199.
[6] Diriwayatkan oleh Muslim no hadist 2044.
[7] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist 3280 dan Muslim no hadist :2012.
[8] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist 5460 dan Muslim no hadist :1663.
[9] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist 5463 dan Muslim no hadist :557.
[10] Hadist shahih diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 3772 dan Ibnu Majah no hadist 3277.
[11] Hadist hasan lighairihi, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 3730 dan Tirmizi no hadist 3455.
[12] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist 211 dan Muslim no hadist :358.
[13] Hadist hasan , diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 4023.
[14] Diriwayatkan oleh Bukhari no hadist 5458.
[15] Hadist shahih , diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 3851.
[16] Diriwayatkan oleh Muslim no hadist : 2734.
[17] Hadist shahih , diriwayatkan oleh Ahmad no hadist : 16712.
[18] Hadist hasan , diriwayatkan oleh Ibnu Majah no hadist : 3805.
[19] Diriwayatkan oleh Muslim no hadist : 2042.
[20] Hadist shahih , diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 3854 dan Ibnu Majah no hadist 1747.
[21] Diriwayatkan oleh Muslim no hadist : 2055.
- Home
- /
- A8. Ringkasan Fiqih Islam...
- /
- Anjuran Makan Secara Bersama