Fadhilah Berjabat Tangan
ADAB PENGUCAPKAN SALAM
Fadhilah berjabat tangan.
عن البراء رضي الله عنه قال: قال رسول الله- صلى الله عليه وسلم-: «مَا مِنْ مُسْلِمَينِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إلَّا غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَفْتَرِقَا». أخرجه أبو داود والترمذي.
Dari Baraa’ Radhiyallahu anhuberkata: “Rasulullah tbersabda: “Tidaklah dua orang muslim yang bertemu kemudian saling berjabat tangan, melainkan dosa keduanya diampunkan sebelum mereka berpisah”. HR. Abu Daud dan Tirmizi.[1]
Kapan dianjurkan berjabat tangan dan merangkul.
عن أنس رضي الله عنه قال: كَانَ أَصْحَابُ النَّبِيِّ- صلى الله عليه وسلم- إذَا تَلاقَوْا تَصَافَحُوا، وَإذَا قَدِمُوا مِنْ سَفَرٍ تَعَانَقُوا. أخرجه الطبراني في الأوسط.
Dari Anas Radhiyallahu anhuberkata: Bahwa para sahabat Nabi Radhiyallahu anhuapabila bertemu maka mereka saling berjabat tangan, dan bila datang dari perjalanan jauh mereka saling berpelukan”. H.R. Tabrani dalam Al awsath. . [2]
Cara menjawab salam dari orang ketiga.
عن عائشة رضي الله عنها أن النبي- صلى الله عليه وسلم- قال لها: «يَا عَائِشَةُ، هَذَا جِبْرِيلُ يَقْرَأُ عَلَيكِ السَّلامَ» فَقَالَتْ: وَعَلَيْهِ السَّلامُ وَرَحْمَةُ الله وَبَرَكَاتُهُ، تَرَى مَا لا أَرَى.
Dari `Aisyah radhiyallahu `anha berkata: Rasulullah Radhiyallahu anhubersabda kepadaku: “Ini Jibril alaihi salam mengucapkan salam untukmu”, aku menjawab: “Wa’alaihisalam warahmatullahi wabarakatuh, engkau dapat melihat sesuatu yang tak kulihat”. Muttafaq ’alaih [3]
جاء رجل إلى النبي – صلى الله عليه وسلم– فقال : إِنَّ أَبِى يُقْرِئُكَ السَّلاَمَ فقال: ((عَلَيْكَ وَعَلَى أَبِيكَ السَّلَامُ)) أخرجه أحمد وأبو داود.
Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Bapakku berkirim salam untukmu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Alaika wa ala abikassalam“. H.R Ahmad dan Abu Daud.[4]
Anjuran berdiri untuk menghormati orang yang datang atau membantunya
عن أبي سعيد أن أهل قريظة نزلوا على حكم سعد بن معاذ فأرسل النبي – صلى الله عليه وسلم إليه فجاء فقال: ((قُوْمُوْا إلَى سَيِّدِكُمْ أَوْ قَالَ خَيرِكُمْ)) متفق عليه
Dari Abu Sa’id bahwa Bani Quraizah pasrah terhadap hukum yang akan dijatuhkan oleh Sa’ad bin Mu’az. Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus orang untuk menjemputnya, tatkala Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang beliau bersabda: “Berdirilah untuk menghormati pemimpin kalian, atau orang yang terbaik diantara kalian“. muttafaq alaih .[5]
Dalam riwayat yang lain:
وفي لفظ: ((قُوْمُوْا إِلَيَّ سَيِّدِكُمْ فَأَنْزَلُوهُ)) أخرجه أحمد
“Berdirilah untuk menghormati pemimpin kalian dan berilah dia tempat duduk “. H.R . Ahmad. [6]
عن عائشة رضي الله عنها قالت: مَا رَأَيْتُ أَحَداً كَانَ أَشْبَهَ سَمْتاً وَهَدْياً وَدَلاًّ بِرَسُولِ الله- صلى الله عليه وسلم- مِنْ فَاطِمَة كَرَّمَ الله وَجْهَهَا، كَانَتْ إذَا دَخَلَتْ عَلَيهِ قَامَ إلَيْهَا، فَأَخَذَ بِيَدِهَا، وَقَبَّلَهَا، وَأَجْلَسَهَا فِي مَجْلِسِهِ، وَكَانَ إذَا دَخَلَ عَلَيهَا قَامَتْ إلَيهِ، فَأَخَذَتْ بِيَدِهِ، فَقَبَّلَتْهُ، وَأَجْلَسَتْهُ فِي مَجْلِسِهَا. أخرجه أبو داود والترمذي.
Dari ‘Aisyah radhiyallahu `anha berkata: ” Aku tidak melihat orang yang paling mirip dengan Rrasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dari sisi akhlak dan prilakunya selain Fatimah radhiyallahu `anha. Apabila Fatimah masuk ke rumah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam maka Nabipun berdiri lalu memegang tangan Fatimah dan menciumnya serta memberinya tempat duduk pada tempat beliau duduk. Dan apabila Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke rumah Fatimah maka Fatimah berdiri lalu memegang tangan Nabi dan menciumnya serta memberinya tempat duduk di tempat dia duduk. H.R Abu Daud dan Tirmizi.[7]
Makruh berdiri untuk menghormati orang tertentu.
عن معاوية رضي الله عنه قال سمعت رسول الله- صلى الله عليه وسلم- يقول: «مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَتَمَثَّلَ لَهُ الرِّجَالُ قِيَاماً فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ». أخرجه أبو داود والترمذي.
Dari Mu’awiyah Radhiyallahu anhuberkata: aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang merasa senang orang –orang berdiri untuk menghormatinya maka sediakanlah tempat untuknya di neraka”. H.R Abu Daud dan Tirmizi.[8]
Mengucapkan salam tiga kali jika salam tidak terdengar oleh orang.
عن أنس رضي الله عنه عن النبي- صلى الله عليه وسلم-: أَنَّهُ كَانَ إذَا تَكَلَّمَ بِكَلِمَةٍ أَعَادَهَا ثَلاثاً حَتَّى تُفْهَمَ، وَإذَا أَتَى عَلَى قَومٍ فَسَلَّمَ عَلَيهِمْ، سَلَّمَ عَلَيْهِمْ ثَلاثاً. أخرجه البخاري.
Dari Anas Radhiyallahu anhubahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila mengucapkan suatu kata, beliau mengulanginya tiga kali hingga ucapan tersebut dipahami, dan apabila mendatangi suatu kaum maka beliau memulai mengucapkan salam kepada mereka, beliau mengucapkannya sebanyak tiga kali” HR. Bukhari .[9]
Mengucapkan salam untuk jama’ah.
عن علي بن أبي طالب رضي الله عنه أن رسول الله – صلى الله عليه وسلم-: قال: ((يُجْزِئُ عَنْ اَلْجَمَاعَةِ إِذَا مَرُّوا أَنْ يُسَلِّمَ أَحَدُهُمْ, وَيُجْزِئُ عَنْ الجلوس أَنْ يَرُدَّ أَحَدُهُمْ)) أخرجه أبو داود
Dari Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Mencukupi bagi sebuah rombongan saat melewati (suatu kaum yang sedang duduk) salah seorang dari mereka mengucapkan salam (untuk kaum tersebut) dan mencukupi bagi jamaah yang sedang duduk itu bahwa salah seorang dari mereka menjawab salam tersebut”“. H.R. Abu Daud. [10]
Larangan menjawab salam saat buang hajat.
عن ابن عمر رضي الله عنهما أَنَّ رَجُلاً مَرَّ وَرَسُولُ الله- صلى الله عليه وسلم- يَبُولُ فَسَلَّم، فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيهِ. أخرجه مسلم
Dari Ibnu Umar Radhiyallahu `anhuma seorang laki-laki lewat saat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang buang air kecil, lalu orang tersebut mengucapkan salam kepada Nabi. namun beliau tidak menjawabnya. H.R. Muslim . [11]
عن المهاجر بن قنفذ رضي الله عنه أنه أتى النبيَّ- صلى الله عليه وسلم- وهو يَبُولُ فَسَلَّم عليه فَلَمْ يَرُدَّ عَليهِ حتَّى تَوَضَّأَ ثمَّ اعْتَذَرَ إليهِ فقال: «إنِّي كَرِهْتُ أَنْ أذكُرَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ إلَّا عَلَى طُهْرٍ». أخرجه أبو داود والنسائي.
Dari Muhajir bin Qunfuz Radhiyallahu anhubahwa dia mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam saat kencing, lalu dia mengucapkan salam kepada Nabi. Namun beliau tidak menjawabnya sehingga berwudhu kemudian meminta maaf seraya bersabda “Aku tidak suka menyebut Asma Allah kecuali dalam keadaan suci”. H.R. Abu Daud dan Nasa’I .[12]
Dianjurkan menggembirakan orang yang datang dan menanyakan identitasnya agar dihormati sesuai dengan keadaannya.
عَنْ أَبِي جَمْرَةَ قَالَ كُنْتُ أُتَرْجِمُ بَيْنَ ابْنِ عَبَّاسٍ وَبَيْنَ النَّاسِ فَقَالَ: إِنَّ وَفْدَ عَبْدِ الْقَيْسِ أَتَوْا النَّبِيَّ – صلى الله عليه وسلم-فقال: ((نْ الْوَفْدُ؟ أَوْ مَنْ الْقَوْمُ ؟)) قالوا: رَبِيعَةُ، فقال: ((مَرْحَبًا بِالقَوْمِ، أَوْ بِالوَفْدِ، غَيْرَ خَزَايَا وَلاَ نَدَامَى)) متفق عليه.
Dari Abi Jamrah berkata : aku menjadi penterjemah antara Ibnu Abbas dan orang-orang. Dia bertanya: Utusan datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu Nabi bersabda: “Siapakah utusan tersebut? atau siapakah kaum yang dating ini?. Para shahabat menjawab: “Rabi’ah”. Nabi bersabda: “Selamat datang wahai kaum! Selamat datang wahai para utusan!, anda tidak akan terhina dan tidak akan menyesal”. Muttafaq alaih . [13]
Makruh mengucapkan salam dengan kalimat: Alaikassalam.
عن جابر بن سليم رضي الله عنه قال: أَتَيْتُ النَّبِيَّ – صلى الله عليه وسلم– فقلت: عَلَيْكَ السَّلَامُ ، فقال: (( لَا تَقُلْ: عَلَيْكَ السَّلَامُ،، وَلَكِنْ قُلْ: السَّلَامُ عَلَيْكَ)) أخرجه أبو داود والترمذي.
Dari Jabir bin Sulaim Radhiyallahu anhuberkata: “Aku mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu mengucapkan: “Alaikassalam”. Maka beliau bersabda: “Janganlah mengucapkan Alaikassalam, akan tetapi ucapkanlah: “Assalamualaik“. H.R. Abu Daud dan Tirmizi . [14]
وفي لفظ: ((فَإِنّ عَلَيْكَ السّلَامُ تَحِيّةُ الْمَوْتَى)) أخرجه أبو داود.
Dalam riwayat yang lain: “Karena uacapan alaikassalam adalah ucapan salam untuk orang yang telah wafat. H.R. Abu Daud.
[Disalin dari مختصر الفقه الإسلامي (Ringkasan Fiqih Islam Bab : Fiqih Al-Qur’an dan Sunnah (Keutamaan Amal, Adab, Dzikir dan Doa-Doa) فقه القرآن والسنة في الفضائل والأخلاق والآداب والأذكار والأدعية ). Penulis Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri Penerjemah Team Indonesia islamhouse.com : Eko Haryanto Abu Ziyad dan Mohammad Latif Lc. Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah. IslamHouse.com 2012 – 1433]
_______
Footnote
[1] Hadist hasan, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist :5212 dan Tirmizi no hadist: 2727.
[2] Sanad Hadist Jayyid, diriwayatkan oleh Tabrani dalam Al awsath no hadist :97.
[3] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist :3217 dan Muslim no hadist: 2447.
[4] Hadist hasan, diriwayatkan oleh Ahmad no hadist : 23492 dan Abu Daud no hadist: 5231.
[5] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist :6262 dan Muslim no hadist: 1768.
[6] Hadist hasan, diriwayatkan oleh Ahmad no hadist : 25610.
[7] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist :5217 dan Tirmizi no hadist: 3872.
[8] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist :5229 dan Tirmizi no hadist: 2755.
[9] Diriwayatkan oleh Bukhari no hadist :95.
[10] Hadist hasan, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist :5210.
[11] Diriwayatkan oleh Muslim no hadist :370.
[12] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist 17 dan Nasa’i no hadist :38.
[13] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist 87 dan Muslim no hadist :17.
[14] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist 5209 dan Tirmizi no hadist :2722.
- Home
- /
- A8. Ringkasan Fiqih Islam...
- /
- Fadhilah Berjabat Tangan