Adab Menjenguk Orang Sakit
ADAB MENJENGUK ORANG SAKIT
Fadhilah menjenguk orang sakit.
عن ثوبان رضي الله عنه عن رسول الله- صلى الله عليه وسلم- قال: مَنْ عَادَ مَرِيضاً لَمْ يَزَلْ فِي خُرْفَةِ الجَنَّةِ حَتَّى يَرْجِعَ. أخرجه مسلم
Dari Tsauban Radhiyallahu `anhu dari Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam, ia bersabda : “Sesungguhnya seorang muslim apabila menjenguk saudaranya seiman, ia senantiasa berada di musim petik buah surga”. HR. Muslim. [1]
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قال رَسُول اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم- : ((مَنْ عَادَ مَرِيضًا أَو زَارَ أَخًا لَهُ فِي الله، نَادَاهُ مُنَادٍ: بِأَنْ طِبْتَ، وَطَابَ مَمْشَاكَ، وَتَبَوَّأتَ مِنَ الجَنَّةِ مَنْزِلاً )) رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وابن ماجه.
Dari Abu Huraira Radhiyallahu `anhu, ia berkata : “Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda : “Siapa yang membesuk orang sakit atau menziarahi seorang saudaranya karena Allah maka ada seorang malaikat yang menyeru (bunti seruannya) “Engkau telah baik dan perjalananmu ini baik dan engkau telah mengambil tempat di surga”. HR. Tarmizi dan Ibnu Majah. . [2]
عن علي رضي الله عنه قال: سمعت رَسُول اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم- يقول: ((مَنْ أَتَى أَخَاهُ الْمُسْلِمَ عَائِدًا مَشَى فِي خَرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ )) رَوَاهُ أبو داود وابن ماجه.
Dari Ali Radhiyallahu `anhu , ia berkata : Aku mendengar Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda : Barangsiapa yang menjenguk saudaranya yang muslim sesungguhnya dia berjalan di musim petik buah surga hingga duduk, apabila dia duduk rahmat Allah tercurah untuknya. Bila ia menjenguknya di waktu pagi maka tujuh puluh ribu para malaikat selalu berdoa untuknya hingga waktu sore. Dan Bila ia menjenguknya di waktu sore maka tujuh puluh ribu para malaikat berdoa untuknya hingga waktu pagi. H.R. Abu Daud dan Ibnu Majah.[3]
Hukum menjenguk orang sakit.
عن البراء بن عازب رضي الله عنه قال: أَمَرَنَا رَسُولُ الله- صلى الله عليه وسلم- بِسَبْعٍ، وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ، أَمَرَنَا بِاتِّبَاِع الجَنَائِزِ، وَعِيَادَةِ المَرِيضِ، وَإجَابَةِ الدَّاعِي، وَنَصْرِ المَظْلُومِ، وَإبْرَارِ القَسَمِ، وَرَدِّ السَّلامِ، وَتَشْمِيتِ العَاطِسِ، وَنَهَانَا عَنْ آنِيَةِ الفِضَّةِ، وَخَاتَمِ الذَّهَبِ، وَالحَرِيرِ، وَالدِّيْبَاجِ، وَالقَسِّيِّ، وَالاسْتَبْرَقِ. متفق عليه.
Dari Baraa` bin `Azib Radhiyallahu `anhu, Ia berkata: “Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam memerintahkan kami 7 perkara, dan melarang kami 7 perkara: ia memerintahkan kami: ikut menyelenggarakan jenazah, menjenguk yang sakit, memenuhi undangan, membantu yang dizalimi, melaksanakan sumpah saudaranya, menebarkan ucapan salam dan menjawab yang bersin. Dan melarang kami: minum dari bejana perak, memakai cincin emas, memakai sutera, memakai baju yang sebagian bahan tenunnya dari sutera, sutera yang kasar, dan sutera yang halus.” Muttafaq ’alaih. [4]
Apa yang harus diucapkan saat melihat orang terkena musibah:
عن ابن عمر رضي الله عنهما قال: قال رسول الله- صلى الله عليه وسلم–مَنْ رَأَى مُبْتَلَىً فَقَالَ: الحَمْدُ للهِ الَّذِي عَافَانِي مِمَّا ابْتَلاكَ بِهِ، وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً لَمْ يُصِبْهُ ذَلِكَ البَلاءُ. أخرجه الطبراني في الأوسط.
Dari Ibnu Umar Radhiyallahu `anhuma , ia berkata: Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda : Barang siapa yang melihat orang terkena musibah lalu membaca:
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِيْ عَلَى كَثِيْرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيْلاً
“Segala puji bagi Allah Yang menyelamatkan aku dari sesuatu yang Allah memberi cobaan kepadamu. Dan Allah telah memberi kemuliaan kepadaku, melebihi orang banyak.”
Dia tidak akan terkena musibah tersebut. H.R. Thabrani. [5]
Posisi duduk orang yang menjenguk.
عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: كان النبي – صلى الله عليه وسلم- إِذَا عَادَ الْمَرِيضَ جَلَسَ عِنْدَ رَأْسِهِ. أخرجه البخاري في الأدب المفرد
Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu `anhuma ia berkata : adalah Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam bila menjenguk orang sakit beliau duduk di sisi kepala orang tersebut. H.R. Bukhari dalam kitab Adab mufrad[6]
Doa yang diucapkan untuk orang yang sakit saat menjenguk.
عن ابن عباس رضي الله عنهما عن النبي- صلى الله عليه وسلم- قال: مَنْ عَادَ مَرِيضاً لَمْ يَحْضُرْ أَجَلُهُ فَقَالَ عِنْدَهُ سَبْعَ مِرَارٍ: أَسْأَلُ الله العَظِيمَ رَبَّ العَرْشِ العَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ إلَّا عَافَاهُ الله مِنْ ذَلِكَ المرَضِ. أخرجه أبو داود والترمذي
Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu `anhuma, dari Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam, ia bersabda: “Siapa menjenguk orang sakit yang belum datang ajalnya lalu ia mengucapkan di sisi orang tersebut 7x:
أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ
(Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan pemilik Arsy yang agung agar ia menyembuhkanmu), melainkan Allah menyembuhkan orang tersebut dari sakitnya”. HR. Abu Daud dan Tarmizi. [7]
عن عبد الله بن عمرو رضي الله عنهما أن النبي – صلى الله عليه وسلم- قال: ( إذا جاء الرجل يعود مريضا فليقل: اللَّهُمَّ اشْفِ عَبْدَكَ يَنْكَأُ لَكَ عَدُوًّا أَوْ يَمْشِيْ لَكَ إِلَى صَلاَةٍ ) أخرجه أحمد وأبو داود.
Dari Abdullah bin Amru Radhiyallahu `anhu bahwa Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda : Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang sakit maka ucapkanlah:
اللَّهُمَّ اشْفِ عَبْدَكَ يَنْكَأُ لَكَ عَدُوًّا أَوْ يَمْشِيْ لَكَ إِلَى صَلاَةٍ
Ya Allah , sembuhkanlah hamba-Mu yang melumpuhkan musuh-Mu atau berjalan karena Mu untuk melakukan shalat“. HR. Ahmad dan Abu Daud. [8]
عن عائشة رضي الله عنها أن النبي – صلى الله عليه وسلم- كان إذا أتى مريضا ، أو أوتي به إليه قال عليه الصلاة والسلام: ( أَذْهِبِ الْبَأْسَ، رَبَّ النَّاسِ، اِشْفِ وأَنْتَ الشَّافِيْ، لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا ) مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.
Dari `Aisyah Radhiyallahu `anha bahwa Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam apabila menjenguk orang yang sakit atau orang yang sakit datang beliau berdoa :
أَذْهِبِ الْبَأْسَ، رَبَّ النَّاسِ، اِشْفِ وأَنْتَ الشَّافِيْ، لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا
Ya Allah, Tuhan manusia hilangkanlah penyakit dan sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali kesembuhan-Mu, sembuh yang tidak meninggalkan rasa sakit”. Muttafaq ’alaih. [9]
عن ابن عباس رضي الله عنهما قال:… وَكَانَ النَّبِيُّ- صلى الله عليه وسلم- إذَا دَخَلَ عَلَى مَرِيضٍ يَعُوْدُهُ قَالَ: «لا بَأْسَ طَهُورٌ إنْ شَاءَ الله». أخرجه البخاري
Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu `anhu , bahwa Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam bila masuk menjenguk orang sakit mengucapkan :
لاَ بَأْسَ طُهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللَّهُ
Tidak mengapa, insya Allah, hal itu mensucikannya (dari dosa)). HR. Bukhari. [10]
Wanita boleh menjenguk laki-laki yang sakit jika tidak menimbulkan fitnah.
عن عائشة رضي الله عنها قالت: لما قدم رسول الله – صلى الله عليه وسلم- المدينة وعك أبو بكر وبلال رضي الله عنهما قالت: فدخلت عليهما فقلت: يا أبت كيف تجدك ؟ ويا بلال كيف تجدك ؟ … فجئت إلى رسول الله – صلى الله عليه وسلم- فأخبرته فقال: (( اللَّهُمَّ حَبِّبْ إِلَيْنَا المَدِيْنَةَ كَحُبِّنَا مَكَّةَ أَوْ أَشَدَّ، اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ صَاعِنَا وَفِيْ مُدِّنَا وَصَحِّحْهَا لَنَا وَانْقُلْ حمُاَهَا إِلَى الجُحْفَةَ )) متفق عليه.
Dari Aisyah Radhiyallahu `anha, ia berkata: tatkala Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam tiba di Madinah Abu Bakar dan Bilal Radhiyallahu `anhuma jatuh sakit , maka aku masuk menjenguk keduanya, aku berkata : Bagaimana keadaanmu ayah? Dan bagaimana keadaanmu Bilal? lalu aku mendatangi Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam dan memberitahukan beliau, maka beliau berdoa :
اللَّهُمَّ حَبِّبْ إِلَيْنَا المَدِيْنَةَ كَحُبِّنَا مَكَّةَ أَوْ أَشَدَّ، اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ صَاعِنَا وَفِيْ مُدِّنَا وَصَحِّحْهَا لَنَا وَانْقُلْ حمُاَهَا إِلَى الجُحْفَةَ
“Ya Allah berilah kami kecintaan kepada kota Madinah seperti kami mencintai kota Mekkah atau lebih mencintainya, Ya Allah berilah keberkahan kepada sha’ dan mud’ kami dan berilah kami kesehatan di dalam kota ini dan pindahkanlah wabah penyakitnya ke daerah Juhfah“. Muttafaq alaih. [11]
Menjenguk orang musyrik yang sakit.
عن أنس رضي الله عنه قال: كَانَ غُلامٌ يَهُودِيٌّ يَخْدِمُ النَّبِيَّ- صلى الله عليه وسلم- فَمَرِضَ فَأَتَاهُ النَّبِيُّ- صلى الله عليه وسلم- يَعُودُهُ فَقَعَدَ عِنْدَ رَأْسِهِ فَقَالَ لَهُ: «أسْلِمْ» فَنَظَرَ إلَى أَبِيْهِ وَهُوَ عِنْدَهُ فَقَالَ لَهُ: أطِعْ أَبَا القَاسِمِ- صلى الله عليه وسلم- فَأَسْلَمَ فَخَرَجَ النَّبِيُّ- صلى الله عليه وسلم- وَهُوَ يَقُولُ: «الحَمْدُ للهِ الَّذِي أَنْقَذَهُ مِنَ النَّارِ». أخرجه البخاري.
Dari Anas Radhiyallahu `anhu, ia berkata : “Ada seorang anak Yahudi yang menjadi pelayan Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam , lalu ia sakit maka Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam menjenguknya dan duduk di sisi kepala anak tersebut, beliau bersabda kepadanya : “Masuk islamlah”, si anak menoleh ke bapaknya yang berada di sisinya, maka bapaknya berkata : “Patuhilah Abu Qassim ( gelar nabi Muhammad Shallallahu `alaihi wa sallam )”, lalu ia masuk islam maka Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam keluar seraya bersabda : “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkannya dari api neraka”. HR. Bukhari. [12]
عن عائشة رضي الله عنها أَنَّ النَّبِيَّ- صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَنْفُثُ عَلَى نَفْسِهِ فِي المَرَضِ الَّذِي مَاتَ فِيهِ بِالمُعَوِّذَاتِ، فَلَمَّا ثَقُلَ كُنْتُ أَنْفِثُ عَلَيْهِ بِهِنَّ، وَأَمْسَحُ بِيَدِ نَفْسِهِ لِبَرَكَتِهَا. متفق عليه
Dari Aisyah Radhiyallahu `anha bahwa Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam selalu membaca surat ( Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas kemudian ditiupkan ke telapak tangan dan disuapkan ke badan ) saat sakit yang menjemput kematiannya. Tatkala sakitnya semakin berat aku yang membaca surat tersebut lalu aku tiup ke tangan beliau dan aku usapkan ke tubuh beliau untuk mengharap keberkahan tangan tersebut. Muttafaq alaih. [13]
Memberi arahan kepada si sakit demi kemaslahatannya.
عن عثمان بن أبي العاص الثقفي رضي الله عنه أَنَّهُ شَكَا إلَى رَسُولِ الله- صلى الله عليه وسلم- وَجَعاً يَجِدُهُ فِي جَسَدِهِ مُنْذُ أَسْلَمَ، فَقَالَ لَهُ رَسُولُ الله- صلى الله عليه وسلم-: «ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِي تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ: بِاسْمِ الله ثَلاثاً، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ: أَعُوذُ بِالله وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ». أخرجه مسلم.
Dari Utsman bin Al ‘Ash Ast Tsaqafi Radhiyallahu `anhu, bahwa ia mengadukan kepada Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam sakit yang diderita tubuhnya sejak masuk islam, maka Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda : “Letakkan tangamu di atas anggota tubuhmu yang sakit kemudian ucapkan “Bismillah” 3x, dan ucapkan 7x:
أَعُوْذُ بِعِزَّةِ اللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ
Aku berlindung dengan kemuliaan Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang kudapatkan dan yang kurasakan dan yang kutakutkan HR. Muslim. [14]
عن ابن عباس رضي الله عنهما عن النبي- صلى الله عليه وسلم- قال: «الشِّفَاءُ فِي ثَلاثَةٍ: فِي شَرْطَةِ مِحْجَمٍ، أَوْ شَرْبَةِ عَسَلٍ، أَوْ كَيَّةٍ بِنَارٍ، وَأنهَى أُمَّتِي عَنِ الكَيِّ». متفق عليه.
Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu `anhuma dari Nabi Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda : Pengobatan yang menyembuhkan ada tiga hal: berbekam, minum madu atau pengobatan dengan besi panas, akan tetapi aku melarang umatku berobat dengan besi panas“. Muttafaq alaih. [15]
عن أبي هريرة رضي الله عنه أنه سمع رسول الله- صلى الله عليه وسلم- يقول: «إنَّ فِي الحَبَّةِ السَّودَاءِ شِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ إلَّا السَّامَ». متفق عليه.
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu `anhu bahwa dia mendengar Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,” sesungguhnya jintan hitam dapat mengobati segala penyakit kecuali mati”. Muttafaq alaih. [16]
عن أم رافع رضي الله عنها قالت: كانَ لاَ يصيبُ النبي – صلى الله عليه وسلم- قرحةٌ ولاَ شوْكةٌ إلاَّ وضعَ عليْهِ الحنَّاءَ . أخرجه الترمذي وابن ماجه.
Dari Ummu Rafi’ Radhiyallahu `anha ia berkata : Rasulullah Shallallahu `alaihi wa sallam bila terluka atau tertusuk duri menutupi lukanya dengan daun inai. H.R Tirmizi dan Ibnu Majah. [17]
Ξ Bacaan ruqyah terhadap orang sakit
[Disalin dari مختصر الفقه الإسلامي (Ringkasan Fiqih Islam Bab : Fiqih Al-Qur’an dan Sunnah (Keutamaan Amal, Adab, Dzikir dan Doa-Doa) فقه القرآن والسنة في الفضائل والأخلاق والآداب والأذكار والأدعية ). Penulis Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri Penerjemah Team Indonesia islamhouse.com : Eko Haryanto Abu Ziyad dan Mohammad Latif Lc. Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah. IslamHouse.com 2012 – 1433]
_______
Footnote
[1] Diriwayatkan oleh Muslim no hadist : 2568.
[2] Hadist hasan, diriwayatkan oleh Tirmizi no hadist : 2008 dan Ibnu Majah no hadist 1443.
[3] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 3098 dan Ibnu Majah no hadist 1442.
[4] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 1239 dan Muslim no hadist : 2066.
[5] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Thabrani no hadist : 5320.
[6] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 546.
[7] Hadist shahih, diriwayatkan oleh Abu Daud no hadist : 3106 dan Tirmizi no hadist 2083.
[8] Hadist hasan, diriwayatkan oleh Ahmad no hadist : 6600 dan Abu Daud no hadist 3107.
[9] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 5675 dan Muslim no hadist : 2191.
[10] Diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 3616.
[11] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 5654 dan Muslim no hadist : 1376.
[12] Diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 1356.
[13] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 5735 dan Muslim no hadist : 2192.
[14] Diriwayatkan oleh Muslim no hadist : 2202.
[15] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 5681 dan Muslim no hadist : 2205.
[16] Muttafaq alaih diriwayatkan oleh Bukhari no hadist : 5688 dan Muslim no hadist : 2215.
[17] Hadist hasan, diriwayatkan oleh Tirmizi no hadist : 2054 dan Ibnu Majah no hadist : 3502.
- Home
- /
- A8. Ringkasan Fiqih Islam...
- /
- Adab Menjenguk Orang Sakit