Isu Palestina yang Membuat Sultan Abdülhamid II Kehilangan Takhta

ISU PALESTINA YANG MEMBUAT SULTAN ABDULHAMID II KEHILANGAN TAKHTA

Orang-orang Yahudi menyebar ke seluruh dunia setelah Romawi membakar Yerusalem pada tahun 70 M. Mereka harus menanggung siksaan ke mana pun mereka pergi.

Sejak saat itu, mereka menantikan seorang juru selamat, seorang mesias, yang akan mengumpulkan mereka di bawah satu negara. Karena kedatangan mesias yang telah lama ditunggu-tunggu ini tertunda, beberapa idealis Yahudi memobilisasi untuk mendirikan sebuah negara Israel.

Kelompok yang berkumpul di Basel, Swiss, pada tahun 1897 ini disebut Zionis, yang diambil dari nama Gunung Sion, tempat berdirinya Beth ha-Mikdas (Masjid Al-Aqsa) milik Nabi Sulaiman.

Tanah yang Dijanjikan
Zionis meminta bantuan Kerajaan Inggris, yang merupakan negara paling kuat pada saat itu, tetapi tuntutan mereka tidak ditanggapi dengan serius.

Seiring berjalannya waktu, kerajaan menyadari bahwa gerakan Yahudi ini semakin kuat dan menawarkan wilayah-wilayah seperti Uganda, Siberia, dan Siprus, tetapi mereka tidak menyetujuinya.

Mereka menginginkan Palestina, rumah bagi ratusan ribu orang Arab, yang merupakan tanah yang dijanjikan seperti disebutkan dalam Taurat.

Tak tinggal Diam.
Kekaisaran Ottoman mengambil beberapa tindakan pencegahan terhadap gerakan yang mengancam integritas teritorialnya ini.

Pada tahun 1871, jauh sebelum Zionis beraksi, Ottoman mendeklarasikan 80 persen wilayah Palestina sebagai milik negara. Setelah suksesi Sultan Abdülhamid II, ia meningkatkan langkah-langkah pencegahan terhadap permukiman Yahudi di Palestina.

Pada tahun 1883, ia membatasi akuisisi tanah Palestina dan memutuskan untuk mengambil sendiri wilayah strategis tersebut.

Pada tahun 1900, Sultan Abdülhamid II membatasi masa tinggal orang Yahudi di wilayah Palestina selama 30 hari. Ia juga melarang akuisisi wilayah untuk orang Yahudi asing di Kekaisaran Ottoman, termasuk Palestina.

Ia menyatakan bahwa Kekaisaran Ottoman bukanlah wilayah pemukiman bagi orang-orang yang diasingkan dari Eropa.

Tidak Ada Ruang Untuk Persetujuan
Theodor Herzl, seorang penduduk asli Budapest, pemimpin gerakan Zionisme, meminta untuk bertemu dengan Sultan Abdülhamid II.

Ketika permintaan ini ditolak, ia menyampaikan tawarannya kepada sultan melalui teman dekatnya, Phillip Newlinsky dari Polandia, pada bulan Mei 1901.

Mereka menawarkan untuk membayar utang luar negeri Utsmaniyah dan memberikan promosi untuk Sultan Ottoman di Eropa dengan imbalan membuka tanah Palestina untuk permukiman Yahudi dan mengalihkan pemerintahan kepada orang-orang Yahudi.

Sultan menolak tawaran ini dengan pepatah yang terkenal: “Saya tidak akan menjual apapun, bahkan satu inci pun dari wilayah ini karena negara ini bukan milik saya, tetapi milik semua orang Ottoman. Rakyat saya memenangkan tanah ini dengan darah mereka. Kami memberikan apa yang kami miliki dengan cara kami mendapatkannya sejak awal.”

Baca Juga  Apakah Masjidil Aqsha Termasuk Tanah Haram

Herzl mengulangi tawarannya sekali lagi pada tahun berikutnya, tetapi Sultan tidak goyah, jawabannya masih sama dengan sebelumnya.

Penting untuk dicatat bahwa Sultan Abdülhamid II tidak boleh dianggap sebagai seorang anti-Semit. Ia dikenal karena pendekatannya yang realistis dan bukannya pendekatan emosional terhadap suatu masalah.

Istilah anti-Semitisme tidak memiliki tempat dalam budaya Muslim-Turki. Semua tindakan pencegahan yang diambil selama periode tersebut adalah tentang integritas negara, bukan komunitas tertentu.

Saat itu, Kekaisaran Ottoman merupakan rumah bagi populasi Yahudi terbesar di dunia, yang hidup dengan bebas. Thessaloniki, yang saat itu menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman, merupakan kota Yahudi terbesar di dunia.

Langkah Kedua
Para Pemuda Turki yang menjatuhkan Sultan Abdülhamid II pada tahun 1909 mengasingkan sultan ke Thessaloniki (di Yunani-ed) dan memenjarakannya di rumah seorang bankir Yahudi yang disebut Allatini.

Seluruh wilayah yang dimiliki oleh sultan dinasionalisasi dan orang Yahudi diizinkan menetap di Palestina oleh Para Pemuda Turki.

Meskipun mereka menyinggung semua komunitas Ottoman dengan politik Turkifikasi mereka, mereka bersentuhan dengan orang Yahudi karena membantu Para Pemuda Turki merebut kekuasaan.

Ada banyak orang Yahudi, Freemason, dan Sabataist di antara Para Pemuda Turki. Salah satunya, bankir Yahudi dan Freemason Emmanuel Carasso, yang merupakan teman dari Wazir Agung Talat Pasha serta anggota delegasi yang menyatakan kepada  Sultan Abdülhamid II bahwa ia telah diturunkan dari takhtanya.

Deputi Thessaloniki, Carasso, adalah orang yang paling berkuasa pada masanya dan juga pengatur migrasi orang Yahudi ke Palestina.

Para Pemuda Turki membayar utang mereka dengan membantu Carasso memperbanyak kekayaannya dan membiarkannya menjalankan pasar gelap selama Perang Besar.

Kelompok ini membuat kesepakatan dengan Menteri Luar Negeri Inggris saat itu, Arthur Balfour, pada tahun 1917. Dengan Deklarasi Balfour, Kerajaan Inggris memberikan lampu hijau bagi sebuah negara Yahudi di tanah Palestina.

Ketika tentara Ottoman di bawah komando Mustafa Kemal dikalahkan di Suriah, Palestina diduduki oleh Inggris pada tahun 1918. Ini adalah prinsip umum bahwa pasukan penjajah tidak diizinkan mengambil tindakan terhadap properti pribadi : Hanya tanah yang dimiliki oleh negara yang berganti tangan.

Oleh karena itu, tanah-tanah yang dimiliki oleh Sultan Abdülhamid dan dirampas oleh Para Pemuda Turki diambil alih oleh Inggris.

Baca Juga  Hukum Menamai Negeri Yahudi Dengan Israel

Setelah pendudukan Inggris, permukiman Yahudi di Palestina meningkat. Sekarang, orang Yahudi juga dapat membeli tanah. Orang Arab dipaksa untuk menjual tanah mereka karena mereka ekonominya tertekan dan terpinggirkan.

Masa-masa Sulit
Dalam sebuah surat dari Sultan Abdülhamid II, yang berasal dari Tarekat Shadhili kepada Syekh Shadhili Abu’ Shamat Mahmud, tertanggal 22 September 1913, Sultan Abdülhamid berkata:

Saya berhenti menjadi khalifah karena penindasan dan ancaman dari Pemuda Turki.  Kelompok ini bersikeras agar saya menyetujui pendirian negara Yahudi di Palestina. Saya menolak usulan ini. Mereka akhirnya menawarkan 150 juta keping emas Inggris. Saya menolaknya juga dan saya katakan kepada mereka: ‘Saya tidak akan pernah setuju dengan kalian meskipun kalian tidak menawarkan 150 juta emas Inggris, tetapi semua emas di seluruh dunia. Saya melayani komunitas Muslim selama lebih dari 30 tahun. Saya tidak mengecewakan nenek moyang saya. Setelah jawaban terakhir saya, mereka menyetujui pemecatan saya dan mengirim saya ke Tesalonika. Saya berdoa kepada Allah, saya tidak menerima untuk mendirikan sebuah negara baru di tanah Palestina di atas tanah Ottoman dan komunitas Islam.

Pada tahun 1947, lebih dari separuh penduduk Palestina adalah orang Yahudi dan sebagian besar wilayah Palestina adalah milik mereka.

Langkah selanjutnya adalah kemerdekaan.
Beberapa gerombolan Yahudi memaksa Inggris untuk mengevakuasi daerah tersebut. Keputusan yang dihasilkan dari sebuah referendum adalah mendirikan sebuah negara Yahudi dan PBB mengukuhkan hal ini pada tahun 1948. Pemerintah Ankara termasuk yang pertama menerima keputusan tersebut.

Negara baru ini diberi nama Israel yang kaisarnya adalah Nabi Daud. Israel adalah nama Nabi Yakub, seorang bapa bangsa Israel. Pada bendera Israel, Bintang Daud terlihat di antara dua garis biru, yang melambangkan Laut Mediterania dan Sungai Yordan.

Sejumlah besar orang Arab di sana memutuskan untuk berimigrasi dan hidup dalam kondisi yang sulit di tempat penampungan. Tanah mereka diserahkan kepada orang-orang Yahudi.

Tentara sekutu Arab kalah melawan Israel pada tahun 1948, 1967, dan 1973. Rusia berpihak pada Arab dan sejumlah negara Arab menjadi negara satelit Rusia.

Pada saat itulah pandangan Sultan Abdülhamid II kembali dipuji. Ia tetap menjadi sosok yang dicintai di negara-negara Arab dengan namanya disebutkan dalam salat Jumat.

Sumber : Nationalgeographic

  1. Home
  2. /
  3. A8. Palestina (Syam), Mekkah...
  4. /
  5. Isu Palestina yang Membuat...